Skripsi
Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Prestasi Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Trigonometri Kelas X.1 di SMA Negeri 2 Brebes
CHOMSIYAH, 2010. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Prestasi Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Trigonometri Kelas X.1 di SMA Negeri 2 Brebes, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Penerapan, Inkuiri, Trigonometri, Prestasi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X.1 SMA Negeri 2 Brebes, dalam pokok bahasan Trigonometri melalui model pembelajaran inkuiri.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X.1 SMA Negeri 2 Brebes Tahun Pelajaran 2008/2009 sebanyak 39 siswa, terdiri dari 16 siswa putra, 23 siswa putri dan seorang pengamat serta 4 orang teman sejawat. Prosedur tindakan kelas ini ditempuh dalam 2 siklus. Langkah-langkah setiap pembelajaran terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Cara pengambilan data dalam penelitian ini dengan mengumpulkan nilai test formatif I, nilai tes formatif II dan hasil observasi. Sebagai tolok ukur keberhasilannya adalah apabila hasil belajar siswa pada pokok bahasan Trigonometri meningkat yaitu nilai rata-rata yang dihasilkan 60 atau lebih dan siswa yang mendapatkan nilai 60 atau lebih sejumlah minimal 85% dari jumlah siswa.
Hasil observasi selama dari siklus I dan siklus II menunjukkan adanya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran yaitu efektivitas kelompok dan aktivitas siswa mengikuti pelajaran semakin meningkat. Demikian pula kegiatan guru dalam kegiatan belajar mengajar semakin meningkat. Hasil belajar jika dibandingkan siklus I dan siklus II mengalami peningkatan yang berarti dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan prestasi hasil belajar siswa kelas X.1 SMA Negeri 2 Brebes. Pendekatan inkuiri memungkinkan siswa menggunakan semua proses mental untuk menemukan konsep atau prinsip ilmiah, ditambah protes mental lain yang memberikan ciri seorang dewasa yang sudah matang.
Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah Penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X.1 SMA Negeri 2 Brebes dalam pokok bahasan Trigonometri.
Saran yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah para guru sebaiknya menggunakan model pembelajaran inkuiri agar siswa dapat lebih memahami materi yang diajarkan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
PMTK10010 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain