Skripsi
Studi Komparasi Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Metode Giving Question and Getting Answer dan Latihan pada Materi Pokok Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Ulujami Tahun Pelajaran 2009/2010
WIDIARTI, DHALILAH. 2010, Studi Komparasi Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Metode Giving Question and Getting Answer dan Latihan pada Materi Pokok Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Ulujami Tahun Pelajaran 2009/2010)". Skripsi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Metode Giving Question and Getting Answer dan Metode Latihan
Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ulujami tahun pelajaran 2009/2010 yang diajar menggunakan metode giving question and getting answer materi sistem persamaan linear dua variable; 2) Untuk mengetahui prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ulujami tahun pelajaran 2009/2010 yang diajar menggunakan metode latihan materi sistem persamaan linear dua variable; 3) Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ulujami tahun pelajaran 2009/2010 antara yang diajar menggunakan metode giving question and getting answer dengan metode latihan pada materi pokok sistem persamaan linear dua
Populasi dalam penelitian ini semua siswa Kelas VIII Semester 2 SMP Negeri 2 Ulujami tahun pelajaran 2009/2010, sebanyak 240 siswa yang terdiri dari enam kelas. Sebagai sampel penelitian ini siswa kelas VIII A yang diberi pembelajaran menggunakan metode giving question and getting answer dan siswa kelas VIII B yang diberi pembelajaran menggunakan metode latihan masing-masing berjumlah 40 anak. Teknik pengmabilan sample menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini teknik dokumentasi dan Tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar matematika materi pokok sistem persamaan linear dua variabel siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ulujami tahun pelajaran 2009/2010 yang diajar menggunakan metode giving question and getting answer dengan menggunakan metode latihan. Prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan metode giving question and getting answer lebih baik, dibandingkan dengan prestasi belajar matematika yang diajar menggunakan metode latihan. Sehingga penggunaan metode giving question and getting answer dalam pembelajaran matematika lebih efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.
PMTK10011 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain