Skripsi
Pengaruh Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Improve Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Matematika Ditinjau Dari Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Operasi Suku Aljabar
TRIANA MELFI. NPM : 1705500818. 2010. "Pengaruh Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Improve Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Matematika Ditinjau Dari Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Operasi Suku Aljabar". (Suatu Penelitian Kelas VIII Semester I MTs. Darussalam Kalibakung Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal pada Tahun Pelajaran 2009/2010). Skripsi Program Studi Pendidikan matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Pengaruh, Improve, Prestasi
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan prestasi belajar antara siswa yang diajar dengan model improve dengan model konvensional dan jika ada apakah siswa yang diajar dengan model improve lebih baik dibandingkan dengan model konvensional.
Penelitian ini mengambil lokasi MTs. Kalibakung Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal pada Tahun Pelajaran 2009/2010. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII semester I. Sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil secara Cluster Random Sampling.
Metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan metode tes. Pada tahap awal diambil nilai Ujian Tengah Semester 1 dari kedua kelas. Kemudian dengan menggunakan Statistik Uji-U diperoleh zhitung = -0,14 dan diperoleh ztabel = 1,96. Hal ini menunjukkan harga H0 ada pada daerah penerimaan sehingga dapat dikatakan prestasi belajar kemampuan awal kelas eksperimen sama dengan kelas kontrol.
Untuk menguji hipotesis hasil penelitian yang diajukan, digunakan Statistik Uji-U pula. Dari hasil perhitungan diperoleh zhitung sebesar -4,29. Sedangkan dengan ? = 5% diperoleh harga ztabel sebesar 1,96. Dengan demikian maka Ho ada pada daerah penolakan. Yang berarti terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diajar dengan model improve dengan siswa yang diajar dengan model konvensional pada materi operasi suku aljabar. Sedangka dengan melihat nilai rata-rata kelas, terlihat bahwa prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan model improve lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan model konvensional pada materi operasi suku aljabar
PMTK10012 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain