Skripsi
Efektifitas Penggunaan Media Miniatur Alam Dalam Pengajaran Vocabulary (Kosakata) Bahasa Inggris Pada Siswa SD Kelas V
SISWOYO. 2010. Efektifitas Media Miniatur Alam Dalam Pengajaran Vocabulary (Kosakata) Bahasa Inggris Pada Siswa MI Kelas V. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Efektifitas, penggunaan Media Miniatur Alam,
Pengajaran Vocabulary, Siswa SD
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifitasan penerapan media miniatur alam dalam pengajaran kosakata bahasa Inggris siswa kelas V MI Miftahul Huda Tunon Kota Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010.
Berdasarkan landasan teori dan kerangka berfikir, hipotesis penelitian ini dirumuskan sebagai berikut : Media miniatur alam memberi pengaruh yang positif dalam pengajaran kosakata bahasa Inggris pada siswa.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Miftahul Huda Tahun Pelajaran 2009/2010. Dengan jumlah Populasi 212 siswa. Dari 212 siswa tersebut diambil sampel secara random sebanyak 30 siswa untuk dijadikan kelas eksperimen dan 30 siswa untuk menjadi kelas pengontrol.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda yang terdiri dari 20 soal yang diberikan pada 30 siswa dengan menggunakan media miniatur alam, dan 30 siswa yang menggunakan metode konvensional. Hasil analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa nilai mean yang menggunakan media miniatur alam 74,33 dan nilai mean yang menggunakan metode konvensional 71,33. Kemudian memperoleh t-hitung sebesar 3,768 dengan cara signifikan 5% dan derajat keabsahan 58, diperoleh t-tabel sebesar 2,000. Karena harga t-hitung lebih besar dari t-tabel (3,768 > 2,000) maka hipotesis penelitian diterima.
Hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan miniatur alam dalam pengajaran kosa kata bahasa Inggris siswa kelas V MI Miftahul Huda Tunon Kota Tegal (Suatu penelitian di MI Miftahul Huda Tunon Tahun Pelajaran 2009/2010) tersebut lebih efektif dari pada metode konvensional.
Memperbanyak latihan dan praktek adalah salah satu himbauan dari penulis dalam pembelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan media miniatur alam untuk lebih diperhatikan, jadi mereka akan lebih antusias atau semangat dalam proses pembelajaran.
PBI10027 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain