Skripsi
Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan metode mind mapping terhadap prestasi belajar materi pokok himpunan (Suatu Penelitian pada Kelas VII Semester II Materi Pokok himpunan SMP Ma'arif NU 01 Pangkah Tahun Pelajaran 2009/2010)
FAUZI AKHMAD 2010. NPM : 1705500796. "Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan metode mind mapping terhadap prestasi belajar materi pokok himpunan (Suatu Penelitian pada Kelas VII Semester 2 Materi Pokok himpunan SMP Ma'arif NU 01 Pangkah Tahun Pelajaran 2009/2010).
Kata Kunci : Efektivitas, Metode mind mapping
Sampai saat ini masih banyak siswa yang menganggap bahwa pelajaran matematika adalah pelajaran yang sangat sulit bahkan anggapan sulitnya mata pelajaran matematika seakan-akan sudah melegenda.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan antara pembelajaran dengan menggunakan metode mind mapping terhadap prestasi belajar dan untuk mengetahui pembelajaran mana yang tepat digunakan siswa kelas VII semester 2 SMP Ma'arif NU 01 Pangkah
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII semester 2 SMP Ma'arif Nu 01 Pangkah yang berjumlah 200 siswa. Dari populasi diambil sampel secara teknik random cluster, terpilih kelas VII.C sebagai kelas eksperimen berjumlah 40 siswa, dan kelas VII.D sebagai kelas kontrol berjumlah 40 siswa serta kelas VII.B sebagai kelas uji coba yang berjumlah sama 40 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi untuk memperoleh data tentang nama-nama siswa dan jumlah seluruh siswa kelas VII dan metode tes untuk mengumpulkan data tes prestasi belajar dalam pembelajaran metode mind mapping dan prestasi belajar materi pokok himpunan. Pengujian hipotesis digunakan rumus uji-t dua pihak untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan matematika antara yang pembelajarannya menggunakan mind maping dan pembelajaran yang menggunakan konvensional. Sedangkan uji t pihak kanan untuk mengetahui pembelajaran mana yang tepat digunakan.
Berdasarkan hasil penelitian, ada perbedaan kemampuan matematika siswa antara pembelajaran yang menggunakan metode mind mapping dan pembelajaran yang menggunakan konvensional. Dan hasil prestasi siswa yang menggunakan pembelajaran metode mind mapping lebih baik dari pada siswa yang pembelajarannya menggunakan konvensional pada materi pokok himpunan pada siswa kelas VII semester 2 SMP Ma'arif NU 01 Pangkah Tahun Pelajaran 2009/2010
Dalam penelitian ini hendaknya dalam pembelajaran menggunakan metode yang tepat contohnya menggunakan metode mind mapping sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam kegiatan belajar dan pembelajaran.
PMTK10017 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain