Skripsi
Efektivitas Pembelajaran Matematika Dengan Model Cooperative Tipe Jigsaw II Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Tegak (suatu penelitian pada siswa kelas VIII semester II SLTP Negeri 7 Brebes tahun pelajaran 2008/2009)
DIYAN ARIS SOFIYATI. NPM 1705500805. 2010. Efektifitas Pembelajaran Matematika Dengan Model Cooperative Tipe Jigsaw II Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Tegak (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas VIII Semester II SLTP Negeri 7 Brebes Tahun Pelajaran 2008/2009). Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Drs. Ponohardjo, M.Pd. Pembimbing II : Dra. Eleonora DW, M.Pd.
Kata Kunci : Efektifitas, Model Cooperative Tipe Jigsaw II, Prestasi Belajar Matematika.
Tujuan penelitian ini meliputi tiga hal: pertama, untuk mengetahui bagaimana prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model cooperative tipe Jigsaw II pokok bahasan bangun ruang sisi tegak. Kedua, untuk mengetahui bagaimana prestasi belajar matematika yang diajar menggunakan metode konvensional pokok bahasan bangun ruang sisi tegak. Ketiga, untuk mengetahui apakah ada perberdaan prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model cooperative tipe Jigsaw II dengan yang diajar menggunakan metode konvensional.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII semester II SLTP Negeri 7 Brebes tahun pelajaran 2008/2009 sebanyak 162 siswa. Sedangkan teknik yang digunakan untuk mengambil sampel adalah teknik cluster random sampling dengan 82 siswa sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, metode observasi, metode tes, dengan bentuk tes pilihan ganda. Sebelumnya tes tersebut dianalisis menyangkut validitas tes, reliabilitas tes, taraf kesukaran dan daya beda. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Sebelum teknik ini digunakan dilakukan uji prasyarat dengan menggunakan uji lilliefors dan uji bartlet.
Penelitini ini menghasilkan tiga hal sebagai berikut: pertama, prestasi belajar matematika yang diajar dengan model cooperative tipe Jigsaw II pokok bahasan bangun ruang sisi tegak, rata-ratanya 73,05. Kedua, prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan metode konvensional pokok bahasan bangun ruang sisi tegak rata-ratanya 68,41. Ketiga, terdapat perbedaan prestasi belajar siswa antara yang diajar dengan model cooperative tipe Jigsaw II dengan yang diajar menggunakan metode konvensional pokok bahasan bangun ruang sisi tegak (thitung > ttabel; 2,023 > 1,99) dengan dk = 80 dan ? = 5%. Selanjutnya dilakukan uji-t satu pihak untuk memilih model pembelajaran yang lebih baik, diperoleh (thitung > ttabel; 2,86 > 2,02) dengan dk = 40 dan ? = 5%, jadi Ho ditolak sehingga model cooperative tipe Jigsaw II lebih baik dari metode konvensional.
Dari hasil penelitian tersebut sebaiknya seorang guru matematika hendaknya mengenalkan pembelajaran model cooperative tipe Jigsaw II untuk menghindari kebosanan yang dialami siswa dalam belajar matematika.
PMTK10019 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain