Skripsi
Studi Komparasi Antara Metode Contextual Teaching and Learning dengan Cooperative Learning terhadap Keberhasilan Belajar Matematika di MTs Nurul Ulum Blendung Ulujami Pemalang Tahun 2009 / 2010
MURTADHO MAKMUR, 2010. Studi Komparasi antara Metode Contextual Teaching and Learning(CTL) dengan Cooperatif Learning Terhadap Keberhasilan Belajar Matematika Di MTs Nurul Ulum Bendung Ulujami Pemalang. Skripsi. Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal .
Kata Kunci : Metode Contextual Teaching and Learning (CTL), Cooperatif Learning, Hasil Belajar Matematika
Permasalahan dalam skripsi ini adalah apakah ada perbedaan prestasi belajar antara siswa yang menggunakan CTL dengan Cooperatif Learning terhadap keberhasilan siswa di MTs Nurul Ulum Blendung Ulujami Pemalang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran yang menggunakan CTL dengan Cooperatif Learning di MTs Nurul Ulum Blendung Ulujami Pemalang. Model pembelajaran CTL ( Contextual Teaching and Learning ) merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata dan dapat mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimiliki dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Cooperative Learning sendiri biasa disebut dengan tutorial teman sebaya, artinya pembelajaran dilakukan dengan melibatkan siswa untuk saling membantu siswa lainnya dengan tingkat kemampuan yang berbeda. Populasi dalam skripsi ini adalah semua siswa kelas IX yang berjumlah 183 siswa yang terdiri dari 5 kelas yaitu IXA, IXB, IXC, IXD dan IXD. Dengan menggunakan teknik cluster random sampling dan pengambilan sampel secara acak yaitu IXB sebagai kelompok eksperimen sebanyak 35 siswa dan IXC sebagai kelompok kontrol sebanyak 35 siswa. Sebelum tes akhir penelitian dilakukan, terlebih dahulu tes uji coba kepada siswa yang bukan termasuk sampel penelitian yang berjumlah 42 siswa..
Hasil penelitian yang dilakukan di MTs Nurul Ulum Blendung Ululujami menunjukkan perbedaan prestasi belajar siswa yang menggunakan metode CTL dan Cooperatif learning terhadap keberhasilan belajar matematika.
Mutu pembelajaran Pendidikan Matematika harus ditingkatkan sehingga prestasi belajar akan tercapai dengan baik.
PMTK10020 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain