Skripsi
Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dan Jigsaw Terhadap Prestasi Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Matematika. (Pada Pokok Bahasan Aljabar Kelas VII Semester I SMP/MTs Nurul Ulum Jembayat Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran
FAIQ ARDIANSYAH. 2010. NPM: 1705500844. "Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dan Jigsaw Terhadap Prestasi Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Matematika. (Pada Pokok Bahasan Aljabar Kelas VII Semester I MTs Nurul Ulum Jembayat Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010 ).Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : keefektifan, Kooperatif, prestasi belajar, minat belajar.
Penelitianini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan model pembelajaran Kooperatiftipe STAD dan JIGSAW dalam mengetahui prestasi dan minat belajar siswa terhadap Matematika siswaMTs Nurul Ulum Jembayat Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal Kelas VII Semester I Tahun Pelajaran 2009/2010.
Pada penelitian ini yang menjadi populasi penelitian adalah semua siswa kelas VII Semester I MTs Nurul Ulum Jembayat Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal Kelas Tahun Pelajaran 2009/2010, sebanyak 305 siswa yang terbagi dalam 5 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelompok eksperimen, dan kelas VII Bsebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, tes, dan angket. Instrumen yang digunakan adalah tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji Analisis Ragam Multivariate.Dengan terlebih dahulu data diuji menggunakan uji Lilliefors dan uji Bartlett untuk mengetahui normalitas dan homogenitas data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwapada taraf signifikan 5%, diperoleh?hitung= 0.9042 dan ?tabel= 0,9270berarti?hitung
Hasil belajar yang menggunakan model pemberian kooperatiftipe STAD dan tipe JIGSAW pada pokok bahasan Aljabar,sangat baikkarena siswa lebih mudah menentukan dan memahami konsep-konsep yang sulityaitu dengan mendiskusikan masalah-masalah tersebut dengan temannya.
Dalam pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW siswa yang berkemampuan rendah dalam menjelaskan materi mengalami kesulitan dalam menyampaikan materi yang ia pelajari kepada anggota kelompok yang dapat mengakibatkan tidak semua materi tersampaikan. Dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD siswa yangberkemampuan rendah masih merasa rendah diri.
PMTK10021 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain