Skripsi
Efektifitas Metode Pembelajaran Discovery Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Relasi dan Fungsi (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII Semester I SMP Negeri 04 Pekalongan Tahun Pelajaran 2009/2010)
ATIK NINDYASTUTI. NPM. 1704500706. 2010. "Efektivitas Metode Pembelajaran Discovery Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Relasi dan Fungsi (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII Semester I SMP Negeri 04 Pekalongan Tahun Pelajaran 2009/2010)". Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika dan aktivitas siswa yang pembelajarannya menggunakan metode discovery lebih baik dibanding siswa yang pembelajarannya menggunakan metode ceramah pokok bahasan relasi dan fungsi pada siswa kelas VIII semester I SMP Negeri 04 Pekalongan Tahun pelajaran 2009/2010.
Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII yang berjumlah 224 yang terbagi dalam 6 kelas. Sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil 2 kelas sebanyak 73 siswa yang diperoleh dengan teknik Cluster Random Sampling. Sampel dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen (kelas VIIIB) dan kelompok kontrol (kelas VIIIF). Kelompok eksperimen pembelajarannya menggunakan metode discovery dan kelompok kontrol menggunakan metode ceramah. Kelas VIIIE sebagai kelas uji coba instrumen sebelum penelitian.
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain dokumentasi, tes dan observasi. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data jumlah siswa, daftar nama siswa dan data nilai ulangan harian matematika. Metode tes digunakan untuk memperoleh data nilai tes prestasi belajar dengan instrumen penelitian berupa tes prestasi belajar pokok bahasan relasi dan fungsi. Instrumen ini telah teruji validitas dan reliabilitasnya pada taraf signifikansi 5%. Sedangkan metode observasi digunakan untuk memperoleh data aktivitas siswa selama pembelajaran dengan instrumen berupa lembar pengamatan aktivitas siswa.
Analisis data menggunakan uji-t pihak kanan. Dengan taraf signifikansi 5% disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan metode discovery lebih baik dibanding siswa yang pembelajarannya menggunakan metode ceramah pada pokok bahasan relasi dan fungsi siswa kelas VIII semester I di SMP Negeri 04 Pekalongan. Dari hasil observasi jumlah skor aktivitas siswa yang diperoleh pada setiap pertemuan pembelajaran menggunakan metode discovery lebih besar dibanding siswa yang pembelajarannya menggunakan metode ceramah sehingga aktivitas siswa yang pembelajarannya menggunakan metode discovery lebih baik dibanding siswa yang pembelajarannya menggunakan metode ceramah. Sebagai saran hendaknya dalam menggunakan metode discovery diperlukan wawasan yang luas dan bahasan yang tepat berkaitan dengan permasalahan yang dihadapi sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
PMTK10023 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain