Skripsi
Efektifitas Metode Examples Non Examples dengan Metode Problem Solving Terhadap Prestasi Belajar Matematika (Suatu Penelitian Siswa kelas VII Semeter I MTs Sunan Kalijaga Pada Materi Pokok Teorema Pythagoras Tahun Pelajaran 2009/2010)"
SONI ADE, 2010. Efektivitas Metode Examples Non Examples dengan Metode Problem Solving Terhadap Prestasi Belajar Matematika (Suatu Penelitian Siswa Kelas VIII Semester I MTs Sunan Kalijaga Pada Materi Pokok Teorema Pythagoras Tahun Pelajaran 2009/ 2010). Pendidikan Matematika, FKIP Universitas pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Examples Non Examples, Problem Solving, Prestasi Belajar Matematika.
Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui adanya perbedaan hasil prestasi belajar siswa yang diajar dengan metode Examples Non Examples dan hasil prestasi belajar siswa yang diajar dengan metode problem solving; 2) Untuk mengetahui apakah siswa yang diajar dengan metode Examples Non Examples lebih baik daripada siswa yang diajar dengan metode problem solving.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII semester I MTs Sunan Kalijaga. Populasi terdiri atas 6 kelas yang seluruhnya berjumlah 240 siswa. Dengan teknik random sampling terpilih kelas VIII C dengan jumlah siswa 40 sebagai kelompok eksperimen, dan kelas VIII D dengan jumlah siswa 40 sebagai kelompok kontrol dan kelas VIII A dengan jumlah siswa 40 sebagai kelompok uji coba instrumen penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan metode tes. Sebelum dilaksanakan eksperimen kedua kelompok dianalisis terlebih dahulu. Analisis yang digunakan adalah analisis awal dengan menggunakan Uji U Mann-Whitney. Setelah eksperimen dilakukan data yang diperoleh dianalisis yaitu analisis akhir dengan menggunakan Uji U Mann-Whitney.
Hasil penelitian ini adalah ada perbedaan prestasi belajar siswa yang signifikan antara siswa yang diajar dengan menggunakan metode Examples Non Examples dan metode problem solving. Karena nilai rata-rata prestasi belajar siswa pada materi pokok teorema Pythagoras yang diajar dengan metode Examples Non Examples lebih baik dibandingkan dengan prestasi belajar siswa yang diajar dengan metode problem solving, maka pembelajaran dengan metode Examples Non Examples lebih baik dibandingkan dengan menggunakan metode problem solving pada materi pokok teorema Pythagoras pada siswa kelas VIII semester I MTs Sunan Kalijaga tahun pelajaran 2009/2010.
PMTK10024 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain