Skripsi
Efektifitas Model Pembelajaran Tutor Sebaya dengan Menerapkan Penyelesaian Soal Secara Sistematis (PS3) Pokok Bahasan Aljabar dan Aritmetika Sosial Kelas VII MTs Ma'arif NU 4 Songgom Tahun Pelajaran 2009/2010
ALWI FAUZI. 2010. Efektifitas Model Pembelajaran Tutor Sebaya dengan Menerapkan Penyelesaian Soal Secara Sistematis (PS3) Pokok Bahasan Aljabar dan Aritmetika Sosial Kelas VII MTs Ma'arif NU 4 Songgom Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi. Pendidikan Matematika. Drs. Ponohardjo, M.Pd. Munadi, M.Si. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Efektifitas, Tutor Sebaya, Penyelesaian Soal Secara Sistematis, Prestasi Belajar.
Hasil belajar siswa pada pokok aljabar dan aritmetika sosial di MTs Ma'arif NU 4 Songgom belum mencapai batas ketuntasan belajar yang diharapkan, hal ini dimungkinkan karena penggunaan metode yang kurang efektif. Untuk mengatasi penggunaan metode yang kurang efektif tersebut maka dalam penelitian pendidikan ini digunakan metode pembelajaran tutor sebaya dengan menerapkan penyelesaian soal secara sistematis yang menekankan pada partisipasi aktif peserta didik dalam proses pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa MTs Ma'arif NU 4 Songgom pada pokok bahasan aljabar dan aritmetika sosial pada tahun pelajaran 2009/2010.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII semester I MTs Ma'arif NU 4 Songgom Tahun Pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 138 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan tehnik cluster random sampling dan kemudian dihasilkan Kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran tutor sebaya dengan menerapkan penyelesaian soal secara sistematis dan Kelas VII C sebagai kelas control yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, metode tes, dan metode observasi.
Berdasarkan hasil uji prestasi belajar dengan menggunakan uji t diperoleh thitung=2,477 dengan taraf signifikan 5% dan interval kepercayaan 95% serta dk=68 diperoleh ttabel = 2,03, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran tutor sebaya dengan menerapkan penyelesaian soal secara sistematis dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan efektif pada pokok bahasan aljabar dan aritmetika sosial di kelas VII MTs Ma'arif NU 4 Songgom. Sehingga disarankan agar dalam mengajar pokok aljabar dan aritmetika sosial sebaiknya menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya dengan menerapkan penyelesaian soal secara sistematis.
PMTK10025 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain