Skripsi
Efektivitas Pendekatan Belajar SAVI ( Somatis Auditori Visual Intelektual ) Dengan Penggunaan Program Pembelajaran Terhadap Prestasi Dan Minat Belajar Matematika. ( Suatu Penelitian pada Siswa Kelas X Semester I SMA Negeri 5 Kota Tegal Pokok Bahasan Fungs
SUGIONO. 2010. "Efektivitas Pendekatan Belajar SAVI ( Somatis Auditori Visual Intelektual ) Dengan Penggunaan Program Pembelajaran Terhadap Prestasi Dan Minat Belajar Matematika. ( Suatu Penelitian pada Siswa Kelas X Semester I SMA Negeri 5 Kota Tegal Pokok Bahasan Fungsi kuadrat )". Skripsi. FKIP Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : SAVI ( Somatis Auditori Visual Intelektual ), program pembelajaran, prestasi, minat, Analisis multifariat.
Mata pelajaran matematika perlu diberikan kepada semua siswa untuk membekali siswa dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis dan kreatif, serta berkemampuan bekerja sama. Kompetensi tersebut diperlukan agar siswa dapat memiliki kemampuan memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan informasi untuk bertahan hidup pada keadaan yang selalu berubah, tidak pasti, dan kompetitif. Namun demikian banyak anak-anak yang tidak suka bahkan membenci mata pelajaran matematika. Oleh karena itu diperlukan cara alternatif, salah satunya dengan pendekatan belajar SAVI dengan program pembelajaran.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana prestasi dan minat belajar siswa serta apakah ada pengaruh yang positif dari penggunaan pendekatan belajar SAVI ( Somatis Auditori Visual Intelektual ) dengan penggunaan program pembelajaran terhadap prestasi dan minat belajar matematika pada siswa kelas X Semester I SMA Negeri 5 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010 pada pokok bahasan fungsi kuadrat.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas sebanyak 238 siswa. Pengambilan sampel penelitian sebanyak 40 siswa di SMA Negeri 5 Tegal dengan teknik Cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis multifariat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan penerapan pendekatan belajar SAVI dengan penggunaan program pembelajaran terhadap prestasi dan minat belajar matematika pokok bahasan fungsi kuadrat pada siswa kelas X semester I Kota Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010. Rata-rata skor tes hasil belajar adalah ( = 71,375) sedangkan untuk rata-rata skor tes angket minat belajar matematika adalah sangat tinggi.
Saran yang perlu disampaikan melalui penelitian ini adalah hendaknya guru mengenalkan pendekatan belajar SAVI untuk menghindari kebosanan yang dialami siswa dalam belajar serta memberikan kebebasan dalam memilih gaya belajar yang tepat.
PMTK10026 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain