Skripsi
Efektivitas Media Video Compact Disc (VCD) Pembelajaran Disertai LKS Terhadap Prestasi Belajar Matematika (Suatu Penelitian pada Kelas X Semester Genap Materi Dimensi Tiga SMA Negeri 5 Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009)
MUBAROK ALI. 2009, Efektivitas Media Video Compact Disc (VCD) Pembelajaran disertai LKS Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X Semester Genap Materi Pokok Dimensi Tiga SMA Negeri 5 Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009.
Kata Kunci : Efektifitas, VCD Pembelajaran, LKS
Banyak siswa SMA yang kurang tertarik dengan pelajaran matematika, termasuk siswa SMA N 5 Tegal. Hal ini dapat dilihat dari hasil UAS semester ganjil tahun 2008 dengan nilai masih dibawah rata-rata 6,5
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan antara pembelajaran menggunakan media VCD Pembelajaran disertai LKS dan pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika dan untuk mengetahui pembelajaran mana yang tepat digunakan siswa kelas X semester genap SMA Negeri 5 Kota Tegal tahun pelajaran 2008/2009.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X semester genap SMA Negeri 5 Kota Tegal tahun pelajaran 2008/2009 yang berjumlah 227 siswa. Dari populasi diambil sampel secara teknik cluster random sampling, terpilih kelas X4 sebagai kelas eksperimen, kelas X6 sebagai kelas kontrol dan kelas X5 sebagai kelas uji coba. Pengujian hipotesis digunakan rumus uji-t dua pihak untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan prestasi belajar matematika antara yang pembelajarannya menggunakan media VCD pembelajaran disertai LKS dan pembelajaran yang menggunakan konvensional. Sedangkan uji t pihak kanan untuk mengetahui pembelajaran mana yang tepat digunakan.
Berdasarkan hasil penelitian, ada perbedaan prestasi belajar matematika siswa antara pembelajaran yang menggunakan media VCD pembelajaran disertai LKS dan pembelajaran yang menggunakan konvensional. Dan hasil prestasi siswa yang menggunakan media VCD pembelajaran disertai LKS lebih baik dari pada siswa yang pembelajarannya menggunakan konvensional pada materi pokok dimensi tiga pada siswa kelas X semester genap SMA Negeri 5 Kota Tegal tahun ajaran 2008/2009.
Saran yang dapat diberikan sehubungan dengan hasil penelitian ini adalah guru mengenalkan media VCD pembelajaran di sertai LKS untuk menghindari kebosanan dan mengetahui keaktifan siswa dalam belajar matematika.
PMTK10027 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain