Skripsi
Penggunaan Model Pembelajaran CTL ( Contextual Teaching And Learning ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika ( Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas VIII Semester Gasal SMP Muhammadiyah Adiwerna Tahun Pelajaran 2009/201
ROSDIANA HUTABARAT, 2010, "Penggunaan Model Pembelajaran CTL ( Contextual Teaching And Learning ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika ( Suatu Penelitian Pada Kelas VIIIA Semester Gasal SMP Muhammadiyah Adiwerna Tahun Pelajaran 2009/2010").
Kata Kunci : Model Pembelajaran CTL, Konstruktivisme, Motivasi, Hasil Belajar Matematika.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penggunaan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan hasil belajar perserta didik pada materi pokok sistem persamaan linear dua variabel.
Subjek tindakan kelas ini adalah peserta didik kelas VIIIA SMP Muhammadiyah Adiwerna tahun pelajaran 2009/2010 sebanyak 36 siswa. Tindakan kelas ini menggunakan model pembelajaran CTL dilaksanakan sebanyak 2 siklus tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu : 1) perencanaan, 2) implementasi, 3) observasi, 4) refleksi dan setiap siklus diakhiri evaluasi.
Hasil penelitian dapat dilihat dari evaluasi setiap akhir siklus untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 65, 72 dengan ketuntasan 92 %. Sedang nilai rata-rata pada siklus II 69,78 dengan ketuntasan 100%.
Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa proses kegiatan pembelajaran materi SPLDV dengan model pembelajaran CTL menggembirakan dan hasil belajar meningkat.
PMTK10028 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain