Skripsi
MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN OPERASI DAN FAKTORISASI ALJABAR DENGAN BANTUAN ALAT PERAGA KARTU VARIABEL DAN KARTU BILANGAN (Studi terhadap Siswa Kelas VIII A Semestar Gasal MTs Tasywiriyah Balapulang Kabupaten Tegal Ta
Ahmad Fariqi, 2009 . Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Operasi dan Faktorisasi Aljabar Dengan Bantuan Alat Peraga Kotak Variabel dan Kotak Bilangan (Studi Terhadap Siswa Kelas VIII A Semestar Gasal MTs Tasywiriyah Balapulang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009 / 2010). Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : peningkatan, hasil belajar, alat peraga
Beberapa hal yang menjadi permasalahan dalam pembelajaran matematika di MTs Tasywiriyah adalah hasil belajar siswa rendah, dan aktifitas siswa dalam belajar masih kurang. Berdasar pengalaman ketuntasan belajar siswa sering di bawah 60%, nilai raport matematika rendah, kemampuan operasi dan faktorisasi masih kurang. Matematika bersifat abstrak, kadang sulit dipahami oleh siswa untuk itu perlu alat peraga, kartu variabel dan kartu bilangan adalah salah satu alat peraga pada pembelajaran operasi dan faktorisasi aljabar.
Permasalahan pada penelitian ini adalah "Apakah pembelajaran dengan bantuan alat peraga kartu variabel dan kartu bilangan dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan operasi dan faktorisasi aljabar?". Adapun tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktifitas siswa dan meningkatkan hasil belajar dalam menyelesaikan operasi dan faktorisasi aljabar.
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A MTs Tasywiriyah Balapulang, Kabupaten Tegal tahun 2009/2010, berjumlah 41 anak. Adapun yang diamati dalam penelitian ini meliputi: keaktifan belajar dan hasil belajar. Pengambilan data dengan pengamatan langsung pada anak maupun analisis terhadap hasil tes/pekerjaan siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, tiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi aktifitas siswa dengan baik pada tiap siklusnya. Siklus I keaktifan 57,5 dan hasil belajar dengan ketuntasan 78,0%. Siklus II keaktifan 82,5 dan hasil belajar dengan ketuntasan 87,8%. Kesimpulannya bahwa pembelajaran pokok bahasan operasi dan faktorisasi aljabar dengan bantuan alat peraga kartu variabel dan kartu bilangan dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar , aktifitas siswa meningkat dan hasil belajar siswa juga meningkat. Untuk itu disarankan bagi guru matematika MTs Tasywiriyah yang mengajar kelas VIII pembelajaran pada pokok bahasan operasi dan faktorisasi aljabar menggunakan kartu variabel dan kartu bilangan.
PMTK10029 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain