Skripsi
"PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN PEMBAGIAN KELOMPOK BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAN LINIER DUA VARIABEL (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VIII Semester I SMP Negeri 2 Bantarbolang Tahun Pelajaran 2009/2010)
DEWI MASITOH, 2009 "Pengaruh Pembelajaran dengan Pembagian Kelompok Belajar Terhadap Prestasi belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VIII Semestet 1 Kelas VIII SMP Negeri 2 Bantarbolang" Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dra. Eleonora DW, M.Pd., Pembimbing II : M. Shaefur Rokhman, M.Si.
Kata Kunci : Pembagian kelompok, Prestasi Belajar, Materi Pokok Sistem Persamaan Linier Dua Variabel, uji-t.
Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran dengan pembagian kelompok belajar pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel.(2) Mengetahui bagaimana prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (3) Mengetahui prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran dengan pembagian kelompok belajar pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada pokok bahasan Sistem Persamaan Liniear Dua Variabel
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Semester 1 SMP Negeri 2 Bantarbolang Tahun Pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 204 terbagi dalam rombongan belajar sebanyak 5 kelas. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling, terpilih kelas VIII sebagai kelas uji coba, kelas VIII B sebagai kelas Ekpserimen dan Kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini meliputi data ujian akhir semester I dan data prestasi setelah proses pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, metode tes. Analisis data dengan menggunakan uji-t
Dari hasil data diperoleh thitung sebesar 3,664 sedangkan harga ttabel dengan taraf signifikan 5% sebesar 1,66 sehingga prestasi belajar pada kelas yang dilakukan dengan pembagian kelompok belajar lebih baik dari pada prestasi belajr yang menggunakan pembelajaran konvensional siswa kelas VIII semester 1 SMP Negeri 2 Bantarbolang Pemalang Tahun Pelajaran 2009/2010, sehingga disimpulkan prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan pembelajaran dengan pembagian kelompok belajar lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linier
PMTK10030 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain