Skripsi
Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Standar Kompetensi Memahami Sifat-Sifat Tabung, Kerucut dan Bola serta Menentukan Ukurannya pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Pemalang Tahiun Pelajaran 2009/2010
TRIDOYO, AMIN. 2010, Skripsi. "Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Standar Kompetensi Memahami Sifat-Sifat Tabung, Kerucut dan Bola serta Menentukan Ukurannya pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Pemalang Tahiun Pelajaran 2009/2010". Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Media Audio Visual dan Hasil Belajar Matematika.
Penelitian ini bertujuan 1) Melaksanakan PTK dengan menjelaskan materi pembelajaran secara bertahap dengan metode pendekatan diskusi kelompok (kooperatif); 2) Penelitian tindakan kelas dengan perbaikan dan pengayaan tetapi tidak keluar dari metode pembelajaran; 3) Memberi tambahan pengetahuan tentang "Kubah Masjid" dengan contoh yang terdapat di masyarakat; dan 4) Menambah sarana yang dapat menunjang proses pembelajaran.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX B SMP Negeri 1 Pemalang Tahun Pelajaran 2009/2010 sebanyak 42 siswa yang terdiri dari 24 siswa putri dan 18 siswa putra. Jenis data dalam penelitian ini adalah 1) Hasil belajar diperoleh dari tes yang dilaksanakan setiap akhir siklus; 2) Data tentang pengelolaan pembelajaran guru dan penilaian efektif dan psikomotorik siswa diperoleh dari lembar observasi; dan 3) Data hasil tanggapan siswa diperoleh melalui lembar kuesioner.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penggunaan media audio visual Pesona Edu dapat meningkatkan nilai rata - rata mata pelajaran Matematika siswa kelas IX SMP Negeri 1 Pemalang Tahun Pelajaran 2009/2010 dari 60,52 hasil siklus I menjadi 76,48 pada siklus II; 2) Penggunaan media audio visual Pesona Edu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IX SMP Negeri 1 Pemalang Tahun Pelajaran 2009/2010 dari 61,91% pada siklus I menjadi 72,16% pada siklus II; 3) Penggunaan media audio visual Pesona Edu dapat meningkatkan kategori sangat tinggi prestasi belajar Matematika siswa kelas IX SMP Negeri 1 Pemalang Tahun Pelajaran 2009/2010 dari 31,82% hasil siklus I menjadi 72,62% pada siklus II dan 4) Penggunaan media audio visual Pesona Edu dapat menurunkan kategori rendah prestasi belajar Matematika siswa kelas IX SMP Negeri 1 Pemalang Tahun Pelajaran 2009/2010 dari 38,09% hasil siklus I menjadi 4,76% pada hasil siklus II.
PMTK10031 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain