Skripsi
Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika (Suatu Penelitian pada Kelas VIII Semester 1 Materi Pokok Sistem Persamaan Linear Dua Variabel SMP Negeri 19 Tegal Tahun Ajaran 2009/2010)
NUR CHAMIDAH, 2010. "Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika (Suatu Penelitian pada Kelas VIII Semester 1 Materi Pokok Sistem Persamaan Linear Dua Variabel SMP Negeri 19 Tegal Tahun Ajaran 2009/2010)". Skripsi. Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Efektivitas, pembelajaran berbasis masalah, kemampuan awal, prestasi.
Salah satu tuntutan dalam belajar mengajar matematika adalah siswa mampu memahami dan menyelesaikan soal-soal matematika tetapi sebagian siswa mengalami kesulitan pada pelajaran matematika yang berbentuk soal cerita, mengingat kemampuan awal siswa yang heterogen dan perbedaan latar belakang maka dalam mempelajari matematika memerlukan pendekatan pembelajaran agar siswa mudah dalam memahami mata pelajaran matematika dari tingkat kemampuan awal yang berbeda-beda sehingga diberikan pembelajaran berbasis masalah (basic learning).
Tujuan penelitian ini adalah untuk ada tidaknya perbedaan prestasi belajar matematika pada siswa yang menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan yang menggunakan konvensional, mengetahui apakah terdapat perbedaan prestasi siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi dan rendah, mengetahui ada tidaknya pengaruh metode pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII semester I SMP Negeri 19 Tegal tahun pelajaran 2009/2010.
Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Negeri 19 Tegal. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester I SMP Negeri 19 Tegal tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 198 siswa, terbagi dalam 5 kelas. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling dan purposif terpilih kelas VIII.A sebanyak 40 siswa sebagai kelas eksperimen dan Kelas VIII.B sebanyak 40 siswa sebagai kelas kontrol. Sebelum instrumen digunakan, terlebih dahulu instrumen diujicobakan pada kelas VIII.D sebanyak 40 siswa. Untuk mendapatkan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Sedangkan untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan analisis variansi (ANAVA) dua arah.
Hasil penelitian ini didapatkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar matematika yang dicapai antara pendekatan pembelajaran berbasis masalah dengan konvensional, ada perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang mempunyai kemampuan awal tinggi dan rendah, Serta tidak adanya pengaruh model pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika. Dengan kata lain penggunaan pembelajaran berbasis masalah dapat digunakan di SMP N. 19 Kota Tegal khususnya kelas VIII semester I materi pokok SPLDV tanpa melihat kemampuan awal siswa.
PMTK10032 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain