Skripsi
Analisa Hubungan Celah Platina dengan Tegangan yang Timbul untuk Pengapian Mobil
Slamet Mulyanto. 2010. "Analisa Hubungan Celah Platina dengan Tegangan yang Timbul untuk Pengapian Mobil" Skripsi Program Studi tenik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Pancasakti Tegal.
Sistem pembakaran pada motor bakar sangat sulit untuk dimodel dimatematikakan dengan demikian akan sangat sulit untuk menentukan sudut pengapian menggunakan table yang merupakan hasil experiment yang merupakan fungsi dari kecepatan putar engine dan beban. Sehingga untuk mendapatkan hubungan yang kontinyu antara kecepatan putar engine, beban dan sudut pengapian akan membutuhkan table yang sangat besar.
Banyak metode yang digunakan untuk mengatasi permasalahan ini dari menggunakan sliding mode control ataupun non-linier control, akan tetapi karena proses pembakaran yang sangat cepat sekali maka semua metode di atas sangat sulit untuk diamplikasikan, selain itu proses pembakaran tersebut sangat sulit untuk dilinierkan.
Untuk kebutuhan experiment maka dilakukan modifikasi mesin Toyota Kijang dengan cara mengatur jarak celah platina. Dari hasil experiment awal ini masih banyak ditemukan banyak permasalahan akan tetapi dengan mengatur jarak celah platina / mengatur sudut pengapian mesin bisa berjalan dengan sempurna.
Sistem pengapian (ignition system) adalah salah satu system kelistrikan pada motor bensin yang berfungsi untuk menghasilkan percikan bunga api pada busi digunakan untuk membakar campuran bahan bakar dan udara pada akhir langkah kompresi, dan ini merupakan awal dari proses langkah usaha pada motor.
FT10012 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain