Skripsi
Meningkatkan hasil belajar matematika dengan teknik memperbanyak frekuensi latihan soal pada siswa kelas XII semester V Program Studi Penjualan SMK Bhakti Praja Margasari Tahun Pelajaran 2009/2010
SUGIARSIH 2010, Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Teknik Memperbanyak Frekuensi Latihan Soal pada Siswa Kelas XII semester V Program Studi Penjualan Tahun 2009/2010. Dibimbing oleh Bapak Dr. KRT. Purwo Susongka, M.Pd dan Ibu Hj. Isnani, M.Si.
Kata Kunci : Hasil belajar, Teknik memperbanyak Latihan soal-soal
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XII semester Vdengan Teknik Memperbanyak Frekuensi Latihan Soal pada Kompetensi Peluang dan Statistik.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Bhakti Praja Margasari Tahun pelajaran 2009/2010 dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XII berjumlah 41 siswa dan objek penelitian adalah memperbanyak frekuensi latihan soal.
Instrumen pengumpulan data berupa tes formatif, tes hasil belajar dan observasi. Tes formatif berupa tes yang dikerjakan di setelah kegiatan belajar mengajar. Tes hasil belajar dilaksanakan setiap akhir siklus untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada setiap siklus. Observasi dilaksanakan pada setiap pertemuan dan selama pembelajaran berlangsung. Siklus I, II, dan III masing-masing dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan dengan tiga kali pembelajaran dan satu kali tes hasil belajar. Soal tes hasil belajar pada setiap siklus berbentuk uraian. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif berupa rata-rata, persentase, dan grafik. Yang bertindak sebagai pelaksana pembelajaran adalah peneliti, sedangkan sebagai observator adalah guru matematika kelas X SMK Bhakti Praja Margasari.
Hasil analisis data menunjukkan peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada setiap siklus. Nilai hasil belajar diperoleh dengan menganalisis data berupa nilai tugas individu dan nilai tes akhir siklus. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar dijadikan sebagai nilai dasar bagi siklus II, yaitu 5,02 menjadi 6,02. Dari siklus II ke siklus III mengalami peningkatan dari 6,02 menjadi 6,59 Aktivitas guru pada siklus I dinilai cukup, siklus II, dan III dinilai baik. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I dinilai kurang, siklus II dinilai cukup, dan baik di siklus III.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan memperbanyak frekuensi latihan soal pada siswa SMK Bhakti Praja Margasari tahun 2009/2010 mengalami peningkatan.
PMTK10035 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain