-Ztabel sehingga dapat dikatakan antara kedua kelas setara. Untuk menguji hipotesis yang diajukan digunakan Tes U Mann-Whitney. Pada Tes U Mann-Whitney, dari hasil perhitungan diperoleh harga Zhitung = -2,61 dan Ztabel = 1,65. Ternyata Zhitung < -Ztabel atau Zhitung ada pada daerah penolakan Ho.Yang artinya ada perbedaan prestasi belajar antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran dengan media berbasis komputer dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvesional pada sub pokok bahasan kubus. Sedangkan dengan melihat nilai rata-rata prestasi belajar kelas eksperimen = 6,61 dan nilai rata-rata prestasi belajar kelas kontrol = 5,83 maka terbukti bahwa model pembelajaran dengan menggunakan media berbasis komputer lebih efektiv digunakan dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa daripada menggunakan model pembelajaran konvensional pada sub pokok bahasan kubus." />
Skripsi
Efektifitas Model Pembelajaran dengan Media Berbasis Komputer Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Dimensi Tiga (Studi Penelitian Pada Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 5 Tegal Tahun Ajaran 2008/2009).
MUH. AGUS SYAIFUL IMAM. 2009. "Efektifitas Model Pembelajaran dengan Media Berbasis Komputer Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Dimensi Tiga (Studi Penelitian Pada Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 5 Tegal Tahun Ajaran 2008/2009)." Skripsi Program Studi Pendidikan matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Efektifitas, Model Pembelajaran, Media Komputer, Prestasi
Penelitian ini dilatarbelakangi banyaknya asumsi bahwa pelajaran matematika adalah pelajaran yang membosankan, tidak menarik, dirasakan sukar, dan menakutkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan prestasi belajar antara siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Media Berbasis Komputer dan Model Konvensional. Jika ada, apakah siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Media Berbasis Komputer lebih baik dibandingkan Model Konvensional.
Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 5 Tegal. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X semester II yang terbagi dalam 6 kelas. Sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil secara Claster Random Sampling.
Metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan metode tes. Pada tahap awal diambil nilai ulangan akhir semester 1 dari kedua kelas. Dengan uji kesetaraan dari data tersebut menunjukkan harga Zhitung > -Ztabel sehingga dapat dikatakan antara kedua kelas setara.
Untuk menguji hipotesis yang diajukan digunakan Tes U Mann-Whitney. Pada Tes U Mann-Whitney, dari hasil perhitungan diperoleh harga Zhitung = -2,61 dan Ztabel = 1,65. Ternyata Zhitung < -Ztabel atau Zhitung ada pada daerah penolakan Ho.Yang artinya ada perbedaan prestasi belajar antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran dengan media berbasis komputer dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvesional pada sub pokok bahasan kubus. Sedangkan dengan melihat nilai rata-rata prestasi belajar kelas eksperimen = 6,61 dan nilai rata-rata prestasi belajar kelas kontrol = 5,83 maka terbukti bahwa model pembelajaran dengan menggunakan media berbasis komputer lebih efektiv digunakan dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa daripada menggunakan model pembelajaran konvensional pada sub pokok bahasan kubus.
PMTK10036 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain