Skripsi
. Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Reciprocal Teaching dengan Pendekatan Model Cooperative Learning Terhadap Prestasi Belajar Matematika. (Sebuah penelitian pada siswa kelas V Semester I Sekolah Dasar Materi Pokok Volume Bangun Rua
MUKH. IQBAL SUPRIADI. 2010. NPM: 1705500821. Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Reciprocal Teaching dengan Pendekatan Model Cooperative Learning Terhadap Prestasi Belajar Matematika.
(Sebuah penelitian pada siswa kelas V Semester I Sekolah Dasar Materi Pokok Volume Bangun Ruang Kubus dan Balok Gugus Budi Utomo Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010)". Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Efektivitas, Reciprocal, Cooperative, Prestasi
Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Reciprocal Teaching dengan Pendekatan Model Cooperative Learning penting dilakukan pada siswa kelas V Sekolah Dasar yang kesulitan dalam memahami konsep-konsep matematika yang bersifat abstrak dan siswa merasa jenuh dalam proses belajar mengajar yang monoton.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah ada perbedaan prestasi belajar siswa yang diajar dengan Metode Reciprocal Teaching dengan Pendekatan Model Cooperative Llearning dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan Metode Ekspositori serta untuk mengetahui efektif atau tidak penerapan Metode Reciprocal Teaching dengan pendekatan model Cooperative Learning dibandingkan Metode Ekspositori terhadap prestasi belajar siswa pada siswa Kelas V Semester I Sekolah Dasar Gugus Budi Utomo.
Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas V yang berjumlah 150 siswa terdiri dari 5 Sekolah Dasar. Pengambilan sampel dengan teknik Clauser random sampling sejumlah 52 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan tes prestasi belajar. Instrumen penelitian berupa tes prestasi belajar dalam bentuk objektif sebanyak 25 soal yang telah diuji validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dua pihak dan Uji-t pihak kanan.
Hasil penelitian dengan Uji-t dua pihak menunjukan bahwa Ada perbedaan prestasi belajar siswa yang diajar dengan Metode Reciprocal Teaching dengan Pendekatan Model Cooperative Learning dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan Metode Ekspositori, sedangkan Uji-t pihak kanan menunjukkan hasil prestasi belajar menggunakan Metode Reciprocal Teaching dengan Pendekatan Model Cooperative Learning lebih baik dibandingkan dengan Metode Ekspositori sehingga dapat disimpulkan Efektif penerapan Metode Reciprocal Teaching dengan Pendekatan Model Cooperative Learning dibandingkan dengan Metode Ekspositori terhadap prestasi belajar siswa Kelas V Semester I Sekolah Dasar Gugus Budi Utomo Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010. Prestasi belajar siswa bisa optimal jika penerapan Pembelajaran dengan Metode ini dapat diimplementasikan dengan baik.
PMTK10037 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain