Skripsi
PENGARUH TEKNIK PROBING - PROMPTING DITINJAU DARI MINAT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA( Studi penelitian pada siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Tegal Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2009/2010
TEGUH SETIAWAN, 2010 "Pengaruh Teknik Probing - Prompting Ditinjau Dari Minat Terhadap Prestasi Belajar Matematika (Studi penelitian pada siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Tegal Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2009/2010 )"
Kata Kunci : Pengaruh, Teknik Probing -Prompting, Minar, RAK, Prestasi.
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah adanya faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi prestasi belajar matematika. Faktor internal meliputi kecerdasan, bakat, minat, dan motivasi belajar sedangkan faktor eksternal meliputi keadaan sekolah, keluarga dan lingkungan masyarakat. Kadar atau persentase mengenai faktor tersebut tidak dapat ditetapan secara mutlak untuk menentukan konposisi yang ideal dalam penentuan prestasi belajar.
Prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Factor internal meliputi kecedersan/intelegensi, bakat, minat dan motivasi sedangkan faktor eksternal meliputi keadaan keluarga, Keadaan Sekolah, Lingkungan Masyarakat. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1). Untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik probing - prompting terhadap prestasi belajar matematika.(2). Untuk mengetahui pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. pada siswa kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 9 Kota Tegal tahun pelajaran 2009/2010.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 9 Kota Tegal tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 278 siswa terbagi dalam 7 kelas. Pengambilan sampel dengan teknik random sampling kluster, terpilih kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol dan kelas VIIIC sebagai kelas uji coba. Pengujian hipotesis dengan menggunakan Rancangan Analisis Kelompok (RAK)..
Hasil penelitian menunjukkan tidak ada pengaruh prestasi belajar siswa kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 9 Kota Tegal tahun pelajaran 2009/2010 dalam pembelajaran matematika antara siswa yang diajar menggunakan teknik probing - prompting dan siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional dintinjau dari minat belajar siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh teknik probing - prompting ditinjau dari minat siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan pembelajaran konvensional pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel pada kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 9 Kota Tegal tahun pelajaran 2009/2010.
PMTK10038 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain