Skripsi
Keefektifan penerapan metode investigasi kelompok ditinjau dari minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika (suatu penelitian pada kelas VIII semester I Materi Pokok Sistem persamaan linier dua variable di SMP Negeri 3 Bulakamba Kabupaten Bre
Nur Rizqie Alania.2010, "Keefektifan penerapan metode investigasi kelompok ditinjau dari minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika (suatu penelitian pada kelas VIII semester I Materi Pokok Sistem persamaan linier dua variable di SMP Negeri 3 Bulakamba Kabupaten Brebes)"
Kata Kunci : Metode Investigasi , Minat, Prestasi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan prestasi belajar matematika antara kelas yang pembelajarannya menggunakan metode investigasi kelompok dengan kelas yang pembelajarannya menggunakan metode expocitory. Penelitian ini juga untuk mengetahui adanya pengaruh dari minat belajar siswa terhadap prestasi belajarnya pada kelas VIII semester I SMP Negeri 3 Bulakamba.
Berdasarkan pada landasan teori, rumusan hipotesis penelitian ini adalah "ada perbedaan prestasi belajar siswa dengan metode pembelajaran investigasi kelompok dan metode pembelajaran expocitory.
Populasi penelitian ini adalah kelas VIII tahun pelajaran 2009/2010 di SMP Negeri 3 Bulakamba Kabupaten Brebes dengan jumlah 200 siswa yang terbagi dalam 5 kelas.
Sampel penelitian diambil secara cluster random sampling. Kelas yang diambil sebagai sampel ada 2 kelas sampel dengan jumlah 40 siswa untuk masing-masing kelas. Kelas yang diambil adalah kelas VIII B sebagai kelas eksperimen (dengan metode pembelajaran investigasi kelompok) dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol (dengan metode expocitory).
Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket minat dan tes evaluasi belajar. Untuk menguji kevalidan dan reliabilitas instrumen, terlebih dahulu instrument diteskan kepada 40 siswa yang mempunyai kemampuan sama dengan sample penelitian ini.
Analisa data untuk penelitian ini menggunakan uji anava dengan rancangan acak kelompok dengan penarikan anak contoh. Dalam penelitian ini, hasil prestasi belajar dikelompokkan berdasarkan tingkat minat belajarnya yaitu dalam kelompok minat tinggi dan minat rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada taraf signifikan 5% terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara kelas yang pembelajarannya menggunakan metode investigasi kelompok dengan kelas yang pembelajarannya menggunakan metode expocitory. Penelitian ini juga menunjukkan adanya pengaruh dari minat belajar siswa terhadap prestasi belajarnya.
Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika kelas yang pembelajarannya menggunakan metode investigasi kelompok lebih tinggi dari kelas yang pembelajarannya menggunakan metode expocitory. Penelitian ini juga menunjukkan adanya pengaruh dari minat belajar siswa terhadap prestasi belajarnya pada siswa kelas VIII semester I SMP Negeri 3 Bulakamba Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2009/2010.
PMTK10046 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain