Skripsi
Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Tutor Sebaya (suatu Penelitian Tindakan Kelas pada peserta didik kelas IX A dan IX C SMP Negeri 1 Wanasari Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010 dengan materi Statistika)
JEMAH, 2010. Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Tutor Sebaya (suatu Penelitian Tindakan Kelas pada peserta didik kelas IX A dan IX C SMP Negeri 1 Wanasari Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010 dengan materi Statistika). Skripsi. Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UPS Tegal.
Kata Kunci: Tutor Sebaya, Keaktifan, Prestasi, Matematika.
Pembelajaran Matematika yang selama ini diterapkan di SMP Negeri 1 Wanasari Brebes kurang efektif karena peserta didik dalam belajar cenderung pasif. Kesulitan yang dialami peserta didik dalam memecahkan masalah menjadi beban setiap individu. Model pembelajaran yang diterapkan juga monoton sehingga peserta didik menjadi bosan. Hal-hal tersebut di atas dimungkinkan merupakan faktor-faktor yang menyebabkan prestasi peserta didik menjadi rendah.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi dan keaktifan belajar matematika peserta didik kelas IX SMP Negeri 1 Wanasari Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010 dengan model pembelajaran Tutor Sebaya pada materi statistika.
Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Taggart dimana prosedur penelitian dirancang dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian dua kelas dari sembilan kelas yang ada yaitu kelas IX A dan IX C. Jenis data yang diambil adalah data kualitatif yang diperoleh dari lembar observasi, nilai tugas individual, nilai tes/ kuis, hasil pengamatan dan refleksi.
Dari hasil penelitian setelah dua siklus diberikan, terjadi peningkatan keaktifan dan prestasi belajar peserta didik. Secara klasikal persentase hasil prestasi belajar matematika peserta didik kelas penelitian memperoleh nilai ? KKM pada siklus I 72,37% dengan rata-rata 66,54 meningkat pada siklus II menjadi 82,90% dengan rata-rata 70,43. Sedangkan keaktifan belajar peserta didik dari pertemuan 1 siklus I 67,22% meningkat menjadi 83,33% pada pertemuan 3 siklus II.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model Pembelajaran Tutor Sebaya, prestasi dan keaktifan belajar peserta didik kelas IX SMP Negeri 1 Wanasari Brebes dapat meningkat.
PMTK10047 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain