F(l;76;5%) = 3,98, maka Ho ditolak.yang artinya ada perbedaan antara prestasi belajar matematika kelas eksperimen yang diajar dengan pendekatan konstruktivisme dan prestasi belajar matematika kelas kontrol yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Diperoleh pula hasil FB= 10,43 > F(2;154;5%) = 3,98 sehingga Ho ditolak yang berarti bahwa ada perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang mempunyai kemampuan numerik tinggi dan rendah. Serta FAB= - 0,82 < F(2;154;5%) = 3,06. Maka Ho diterima yang artinya tidak ada interaksi antara kelas eksperimen yang diajar dengan pendekatan konstruktivisme dengan kelas kontrol yang diajar dengan pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan numerik siswa terhadap hasil prestasi belajar. Artinya antara kelas eksperimen yang diajar dengan pendekatan konstruktivisme dengan kelas kontrol yang diajar dengan pembelajaran konvensional tidak saling mempengaruhi prestasi belajarnya jika ditinjau dari kemampuan numerik siswa." />
Skripsi
Efektivitas Pendekatan Konstruktivisme ditinjau dari Kemampuan Numerik terhadap Prestasi Belajar Matematika (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Adiwerna Kabupaten Tegal tahun Pelajaran 2008/2009)
EKA FEBRIYANI. 2010. NPM 1704500734. "Efektivitas Pendekatan Konstruktivisme ditinjau dari Kemampuan Numerik terhadap Prestasi Belajar Matematika (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Adiwerna Kabupaten Tegal tahun Pelajaran 2008/2009)". Program studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Efektifitas, Kontruktivisme, Kemampuan Numerik, Prestasi
Proses belajar mengajar dapat berhasil secara efektif jika pelaksanaan pembelajaran tersebut berkualitas. Pembelajaran yang berkualitas yaitu pembelajaran yang dilaksanakan dengan memberdayakan seluruh komponen pengajaran yaitu guru, siswa, materi pelajaran, alat peraga, metode yang tepat dan evaluasi yang valid. Tujuan penelitian ini adalah Untuk menentukan apakah terdapat perbedaan antara prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional jika dilihat dari kemampuan numeriknya, Untuk menentukan adakah perbedaan hasil prestasi belajar siswa jika ditinjau dari kemampuan numeriknya, jika ada akan dilihat kemampuan numerik mana yang berbeda dan Untuk menentukan apakah ada interaksi antara model pembelajaran yang digunakan dengan kemampuan numerik siswa terhadap hasil prestasi belajar pada siswa kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Adiwerna Kabupaten Tegal tahun Pelajaran 2008/2009.
Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Negeri 1 Adiwerna Kabupaten Tegal tahun Pelajaran 2008/2009. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII Semester II sebanyak 360 siswa dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 80 siswa yaitu kelas VIII C dan VIII E yang diambil secara Cluster Random Sampling. Metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan metode tes. Analisis data dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (Anava Dua Arah).
Dari hasil perhitungan analisis data Anava Dua Arah diperoleh hasil FA=8,79 > F(l;76;5%) = 3,98, maka Ho ditolak.yang artinya ada perbedaan antara prestasi belajar matematika kelas eksperimen yang diajar dengan pendekatan konstruktivisme dan prestasi belajar matematika kelas kontrol yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Diperoleh pula hasil FB= 10,43 > F(2;154;5%) = 3,98 sehingga Ho ditolak yang berarti bahwa ada perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang mempunyai kemampuan numerik tinggi dan rendah. Serta FAB= - 0,82 < F(2;154;5%) = 3,06. Maka Ho diterima yang artinya tidak ada interaksi antara kelas eksperimen yang diajar dengan pendekatan konstruktivisme dengan kelas kontrol yang diajar dengan pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan numerik siswa terhadap hasil prestasi belajar. Artinya antara kelas eksperimen yang diajar dengan pendekatan konstruktivisme dengan kelas kontrol yang diajar dengan pembelajaran konvensional tidak saling mempengaruhi prestasi belajarnya jika ditinjau dari kemampuan numerik siswa.
PMTK10049 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain