Skripsi
Implementasi Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Materi Pokok Aritmetika Sosial" (Suatu Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VII Semester I MTs Ikhsaniyah Siwungkuk Tahun Pelajaran 2009/2010)
MUHAMAD NUH. 2010. Implementasi Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Materi Pokok Aritmetika Sosial (Suatu Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VII Semester I MTs Ikhsaniyah Siwungkuk Tahun Pelajaran 2009/2010). Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : pembelajaran kontekstual, pemahaman siswa
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa materi pokok aritmetika sosial melalui penerapan pendekatan kontekstual, sehingga siswa tidak hanya dapat menghafal rumusnya saja, tetapi juga dapat memahami konsep aritmetika sosial, dan diharapkan siswa mampu memecahkan masalah yang berkaitan dengan aritmetika sosial.
Penelitian ini diharapkan memberikan manfaat bagi siswa, guru dan sekolah. Manfaat bagi siswa, diharapkan siswa mampu termotivasi dalam belajar, senang terhadap pelajaran matematika, lebih memahami konsep aritmetika sosial serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Manfaat bagi guru, guru lebih bersemangat dalam mengajar, lebih mudah dalam membimbing siswa yang mengalami kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran. Bagi sekolah, dapat meningkatkan prestasi akademik terutama pada mata pelajaran matematika serta pembelajaran di sekolah akan lebih bermutu.
Penelitian dilakukan dalam dua siklus, tiap akhir siklus dilakukan tes formatif untuk mengetahui tingkat pencapaian ketuntasan belajar siswa. Hasil siklus pertama, pencapaiannya adalah tuntas belajar ada 30 siswa, rata-rata kelas 6,7 dan simpangan baku 1,6. Sedangkan pada siklus kedua, tuntas belajar 32 siswa, rata-rata kelas 6,9 dan simpangan bakunya 1,2. Berdasarkan indikator keberhasilan, maka jika dilihat dari hasil kedua siklus tersebut, penelitian ini dapat dikatakan berhasil, sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan mengaplikasikan pendekatan kontekstual maka pemahaman siswa akan materi pokok aritmetika sosial dapat meningkat.
PMTK10051 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain