Skripsi
Perbedaan Prestasi Belajar Matematika pada Siswa yang Diajar dengan Metode Ekspositori dan Siswa yang Diajar dengan Metode Demonstrasi pada Materi Pokok Peluang ( Studi Penelitian pada Siswa Kelas XI IPS Semester Gasal SMA N 5 Kota Tegal Tahun Pelaj
ZAINAL MIFTAKHUSALAM, 2010. "Perbedaan Prestasi Belajar Matematika pada Siswa yang Diajar dengan Metode Ekspositori dan Siswa yang Diajar dengan Metode Demonstrasi pada Materi Pokok Peluang (studi penelitian pada siswa kelas XI IPS semester gasal SMA N 5 kota Tegal tahun pelajaran 2009/2010). Skripsi Pendidikan Matematika, Fakultas dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancaskti Tegal.
Kata kunci : Perbedaan, Metode Demonstrasi dan Ekspositori, Prestasi, Anakova.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pembelajaran dengan menggunakan metode ekspositori dan metode demonstrasi terhadap prestasi hasil belajar matematika pada kompetensi peluang pada siswa kelas XI IPS semester Gasal SMA N 5 kota Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010.
Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPS semester Gasal SMA N 5 kota Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 136 siswa. Sampel penelitian terdiri dari kelompok penggunaan metode ekspositori dan kelompok pengguna metode demonstrasi yang dipilih secara acak. Jumlah siswa kelompok pengguna metode ekspositori sebanyak 34 siswa dan kelompok pengguna metode demonstrasi sebanyak 34 siswa. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi dan prestasi hasil belajar matematika.
Hasil penelitian dengan menggunakan anakova menunjukan bahwa terdapat perbedaan pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi dan dengan menggunakan metode ekspositori terhadap prestasi hasil belajar matematika pada siswa siswa kelas XI IPS semester Gasal SMA N 5 kota Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010, prestasi hasil belajar matematika yang menggunaka metode demonstrasi lebih baik dibandingkan dengan menggunakan metode ekspositori. Dan dapat dilihat juga ternyata penggunaan metode demonstrasi lebih efektif dari pada pembelajaran dengan menggunakan metode ekspositori.
PMTK10053 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain