Skripsi
Studi Komparatif Penggunaan Model Pembelajaran Course Review Horay Dan Model Pembelajaran Konvensional Terhadap Pemahaman Konsep Pada Materi Pokok Aritmetika Sosial (Suatu Penelitian Kelas VII Semester I SMP Negeri 2 Talang Tahun Pelajaran 2009/2010)
TITIN SOLIKHA, 2010. Studi Komparatif Penggunaan Model Pembelajaran Course Review Horay Dengan Model Pembelajaran Konvensional Terhadap Pemahaman Konsep (Suatu Penelitian Kelas VII Semester I SMP Negeri 2 Talang Pada Materi Pokok Aritmetika Sosial Tahun Pelajaran 2009/2010). Pendidikan Matematika, FKIP Universitas pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Course Review Horay, Model Pembelajaran Konvensional, Pemahaman Konsep.
Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui bagaimana hasil prestasi belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Course Review Horay; 2) Untuk mengetahui bagaimana hasil prestasi belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Konvensional; 3) Apakah model pembelajaran Course Review Horay lebih baik dalam membantu pemahaman siswa pada materi pokok aritmetika sosial dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII semester I SMP Negeri 2 Talang yang terdiri atas 6 kelas yang seluruhnya berjumlah 240 siswa. Dengan Cluster random sampling terpilih kelas VII B dengan jumlah siswa 40 sebagai kelompok eksperimen, dan kelas VII D dengan jumlah siswa 40 sebagai kelompok kontrol dan kelas VII A dengan jumlah siswa 40 sebagai kelompok uji coba instrumen penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan metode tes. Sebelum dilaksanakan eksperimen kedua kelompok dianalisis terlebih dahulu. Analisis yang digunakan adalah uji kesetaraan dengan menggunakan Uji U Mann-Whitney. Setelah eksperimen dilakukan data yang diperoleh dianalisis yaitu uji data penelitian dengan menggunakan Uji U Mann-Whitney.
Hasil penelitian ini adalah ada perbedaan prestasi belajar siswa yang signifikan antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay dan model pembelajaran Konvensional. Hal ini terbukti bahwa pada analisis data penelitian dengan Uji U Mann-Whitney didapat = 2,67987dan = 1,96. Ini berarti bahwa berada diluar daerah penerimaan Ho pada taraf signifikansi 0,05 sehingga Ha diterima. Nilai rata-rata prestasi belajar siswa pada materi pokok aritmetika sosial yang diajar dengan model pembelajaran Course Review Horay lebih baik dibandingkan dengan prestasi belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Konvensional. Hal ini bisa dilihat dari rata-rata prestasi belajar siswa pada dua kelompok. Rata-rata untuk kelompok dengan model pembelajaran Course Review Horay adalah 6,96 dan rata-rata untuk kelompok dengan model pembelajaran Konvensional adalah 6,25. Ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran Course Review Horay menghasilkan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional pada materi pokok aritmetika sosial pada siswa kelas VII semester I SMP Negeri 2 Talang tahun pelajaran 2009/2010.
PMTK10054 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain