Skripsi
Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Ditinjau dari Sikap Belajar dan Kemampuan Penerapan Konsep Matematika Pokok Bahasan Bangun Datar Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri I Dukuhturi Kabupaten Tegal.
ESTI ULWIYANTI, 2010. Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Ditinjau dari Sikap Belajar dan Kemampuan Penerapan Konsep Matematika Pokok Bahasan Bangun Datar Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri I Dukuhturi Kabupaten Tegal. Skripsi. Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Pembelajaran kontekstual, sikap belajar, bangun datar, regresi.
Salah satu tuntutan dalam belajar mengajar matematika adalah siswa mampu memahami dan menyelesaikan soal-soal matematika tetapi sebagian siswa mengalami kesulitan pada pelajaran matematika, maka dalam mempelajari matematika memerlukan pendekatan pembelajaran agar siswa mudah dalam memahami mata pelajaran matematika yaitu dengan diberikan pembelajaran kontekstual.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh sikap belajar terhadap kemampuan penerapan konsep matematika dengan pembelajaran kontekstual pada pokok bahasan bangun datar siswa kelas VII semester II SMP Negeri 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2008/2009.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII semester II SMP Negeri 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2008/2009 yang berjumlah 320 siswa, terbagi dalam 8 kelas. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling, terpilih kelas VII.E sebagai kelas eksperimen dan Kelas VII.H sebagai kelas kontrol. Sebelum instrumen digunakan, terlebih dahulu instrumen diujicobakan pada kelas VII.D.
Untuk menguji hipotesis yang digunakan analisis statistik korelasi product moment dan uji t. Dari perhitungan diperoleh koefisien korelasi rxy sebesar 0,7208 sedangkan dari tabel dengan ? = 5% diperoleh rtabel sebesar 0,312. Harga thitung sebesar 6,4110 sedangkan ttabel sebesar 2,68 dengan demikian thitung > ttabel maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh sikap belajar terhadap kemampuan penerapan konsep matematika dengan model pembelajaran kontekstual pokok bahasan bangun datar siswa kelas VII semester II SMP Negeri I Dukuhturi Kabupaten Tegal.
Untuk mencari pengaruh sikap belajar terhadap kemampuan penerapan konsep matematika digunakan teknik statistik dengan menghitung besarnya indeks determinasi. Indeks determinasi dihitung dengan mengkuadratkan koefisien korelasi yang telah ditemukan dan selanjutnya dikalikan 100%. Indeks determinasi (penentu) dinyatakan dalam persen. Dari perhitungan diperoleh indeks determinasi untuk kelas VII.E sebesar 51,96% dan indeks determinasi untuk kelas VII.H sebesar 25.67%. Dari kedua kelas sampel dapat diketahui bahwa indeks determinasi yang terbesar pada kelas eksperimen yaitu kelas VII.E.
Dari hasil penelitian sampel diperoleh persamaan regresi kelas eksperimen yaitu = 43,9368 + 0,4105x dan kelas kontrol yaitu = 49.9289 + 0,2785x.
PMTK10055 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain