Skripsi
Flash Cards sebagai Alternatif Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Retelling Skills
AFINA NUTFI OFIYATI. 2009. Flash Cards Sebagai Alternatif Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Retelling Skills Siswa Kelas V Semester I SD Negeri Brebes 08. Skripsi. Pendidikan Bahasa Inggris.Drs. Rofiudin, M.Hum. H. Sumartono, S.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Flash Cards, Retelling Skills
Kesulitan siswa kelas V SDN Brebes 08 dalam penguasaan bahasa Inggris pada keterampilan retelling dikarenakan kurangnya alat bantu mengajar, penguasaan kosa kata yang minim dan karakteristik siswa kelas V yang umumnya masih menikmati dunia bermain, merupakan landasan penulis berusaha untuk memecahkan masalah ini melalui Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan pembelajaran yang menyenangkan yaitu dengan menggunakan media flash cards. Penggunaan flash cards disini mengarah pada kegiatan sehari-hari siswa dengan menggunakan gambar dengan ukuran kertas yang cukup besar. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui keberhasilan media flash cards dalam mengatasi masalah tersebut.
Proses pelaksanaannya dibagi dalam dua siklus. Pada siklus I flash cards ditunjukan oleh guru. Sedangkan pada siklus II siswa berperan sebagai guru untuk menunjukan flash cards secara bergantian dengan teman-temannya. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan media flash cards dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan retelling skills siswa. Hal ini terbukti adanya perubahan kemampuan dan meningkatnya nilai rata-rata yang diperoleh siswa setelah dilakukan tindakan. (T-0) 53,1, tindakan pertama (T-1) 65,4 dan tindakan kedua (T-2) 74,6. Dari angka ini dapat dikatakan bahwa ada peningkatan hasil belajar yang cukup baik dilihat dari hasil tes sebelum tindakan hingga hasil akhir setelah diberi tindakan.
Peningkatan hasil belajar dapat diperoleh dari metode pembelajaran yang tepat. Penggunaan media flash cards mampu meningkatkan retelling skills siswa. Untuk meningkatkan kemampuan retelling siswa, maka mereka harus berani mengemukakan ide mereka tanpa takut akan kesalahan yang dibuat.
PBI10004 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain