Skripsi
Pengaruh Aplikasi Slogan Iklan Berbahasa Inggris di TV terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggris Siswa SMP kelas VII
ALFIAH. 2010. Pengaruh Aplikasi Slogan Iklan Berbahasa Inggris di TV terhadap Prestasi Bahasa Inggris Siswa SMP kelas VII di SMP N 3 Adiwerna. Skripsi. Pendidikan Bahasa Inggris. Program Strata I. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci: Aplikasi Slogan Iklan Berbahasa Inggris di TV, Prestasi bahasa
Inggris siswa SMP
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi slogan iklan berbahasa Inggris di TV terhadap prestasi belajar bahasa Inggris pada siswa kelas VII SMP N 3 Adiwerna tahun pelajaran 2008/2009.
Berdasarkan landasan teori dan kerangka berfikir, hipotesis penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: "Aplikasi Slogan iklan Berbahasa Inggris di TV memberikan pengaruh positif terhadap prestasi Bahasa inggris siswa kelas VII SMP N 3 Adiwerna."
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 3 Adiwerna tahun pelajaran 2008/2009 yang berjumlah 321 orang siswa. Peneliti mengambil 60 siswa untuk sampel yang dipilih dengan teknik random sampling. Sampel terdiri dari dua kelompok, yaitu 30 siswa sebagai kelompok eksperimen yang diajarkan dengan aplikasi slogan iklan dan 30 siswa sebagai kelompok pengendali yang diajarkan tanpa aplikasi slogan iklan.
Peneliti menggunakan tes sebagai instrumen penelitian.Tes membutuhkan waktu 90 menit untuk mengerjakannya. Bentuk tes berbentuk pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban. Untuk mengetahui keabsahan materi tes, peneliti memberikan tes yang sama kepada 30 siswa yang mempunyai kompetensi yang sama.
Data penelitian ini diolah dengan menggunakan Uji-t, untuk menentukan perbedaan nilai mean dari dua kelompok. Setelah dihubungkan ke dalam t-tabel dengan taraf signifikan 5% dengan nilai 2,042, maka dari perhitungan tersebut diperoleh t-hitung sebesar 2,16. Sehingga diperoleh t-hitung lebih besar dari pada t-tabel. Dengan demikian, hipotesis penelitian diterima.
Oleh karena itu dapat diambil simpulan bahwa aplikasi slogan iklan berbahasa Inggris di TV mempunyai pengaruh positif terhadap prestasi belajar bahasa Inggris siswa SMP kelas VII.
PBI10006 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain