Skripsi
Faktor-faktor Dominan Penyebab Kesulitan Siswa dalam Memahami Bentuk dan Penggunaan Preposisi Bahasa Inggris (Suatu Penelitian Deskriptif Eksploratif pada Siswa SMP Negeri 18 Kota Tegal Kelas VIII Tahun Pelajaran 2009-2010)
ASRIE PUSPITASARIE. Skripsi. 2010. "Faktor-faktor Dominan Penyebab Kesulitan Siswa dalam Memahami Bentuk dan Penggunaan Preposisi Bahasa Inggris (Suatu Penelitian Deskriptif Eksploratif pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Tegal, Tahun Pelajaran 2009/2010)". Program Strata 1 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Faktor Dominan, Penyebab Kesulitan, Siswa SMP,
Pemahaman Bentuk dan Penggunaan Preposisi Bahasa Inggris
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor dominan penyebab kesulitan siswa dalam memahami bentuk dan penggunaan preposisi bahasa Inggris pada siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Tegal.
Berdasarkan teori belajar mengajar, proses belajar preposisi bahasa Inggris dipengaruhi oleh beberapa faktor dominan antara lain faktor minat dan penguasaan materi, faktor motivasi, faktor guru dan faktor media belajar.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Tegal Semester I Tahun Pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 240 siswa. Dalam hal ini penulis hanya mengambil 40 siswa sebagai sampel yang diambil secara acak dari 75 siswa yang memperoleh nilai kurang dari 5,0.
Untuk mengetahui siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami preposisi bahasa Inggris maka peneliti menggunakan tes tentang preposisi bahasa Inggris. Dari hasil tes tersebut, seluruh siswa kelas VIII yang dikategorikan memperoleh nilai kurang dari 5,0 dijadikan sebagai sampel penelitian. Dari sejumlah sampel tersebut, penulis mengambil data dengan metode angket untuk mengetahui persentase faktor-faktor dominan tersebut. Angket diberikan kepada siswa dalam bentuk pertanyaan tertulis dan merupakan jenis angket tertutup dengan 4 pilihan jawaban yaitu A, B, C dan D dan masing-masing pilihan memiliki skor berbeda-beda.
Dari perhitungan rata-rata persentase skor angket diketahui bahwa faktor-faktor dominan penyebab kesulitan siswa SMP kelas VIII semester I dalam memahami bentuk dan penggunaan preposisi bahasa Inggris didominasi oleh 45% faktor minat dan penguasaan materi, 45% faktor motivasi, 75% faktor guru dan 55% faktor media belajar.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah faktor yang sangat dominan penyebab kesulitan siswa dalam memahami bentuk dan penggunaan preposisi bahasa Inggris adalah faktor guru, kurangnya kualitas pengajaran guru dalam kegiatan belajar mengajar bahasa Inggris.
PBI10008 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain