Skripsi
Upaya Meningkatkan Kemampuan Speaking Dengan Menggunakan Media Ajar Puppets Suatu Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 02 Jetak Kidul Tahun Ajaran 2009/2010
INDRIANTO ARIS PRABOWO. 2010. Upaya Meningkatkan Kemampuan Speaking Dengan Menggunakan Media Ajar Puppets Suatu Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 02 Jetak Kidul Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi. Pendidikan Bahasa Inggris Drs.Rofiudin. M.Hum. H. Sumartono, S.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Meningkatkan Speaking, Media Ajar Puppets
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang telah dilaksanakan kepada siswa kelas 6, terutama kelas 6 SD Negeri 02 Jetak Kidul sebagai pokok materi.Menurut pengamatan peneliti pada kelas enam SD Negeri 02 Jetak Kidul jumlah peserta didik yang berani mengemukakan pendapat /ide speaking cenderung sedikit ( 46,7 %). Hanya jika dipaksa oleh guru, siswa baru berani. Fenomena ini merupakan salah satu keprihatinan guru yang perlu dipecahkan. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan Speaking siswa dengan menggunakan media ajar Puppets melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Di dalam melaksanakan penelitian, penulis bekerja sebagai guru bahasa Inggris. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) telah dilaksanakan didasarkan pada Penelitian rancangan Kemmis dan Mc Taggart's. Penulis mengambil dua siklus. Pada setiap siklus, ada Perencanaan, tindakan, pengamatan, evaluasi dan refleksi. Ada data kualitatif dan data kuantitatif di dalam penelitian ini. Data kualitatif adalah dokumentasi dan pengamatan. data kuantitatif telah dikumpulkan melalui mewawancara. Data kualitatif dianalisa dengan menggunakan tiga langkah tindakan, tiga langkah tersebut adalah proses mengurangi data, mempresentasikan data dan membuat kesimpulan. Data kuantitatif telah dianalisa menggunakan persentase. Ada tiga tindakan yang menjadi fokus upaya pemecahan masalah, yaitu 1). peningkatan motivasi. 2). peningkatan kemampuan speaking dan 3). Penerapan media ajar Puppets
Berdasarkan pada Hasil penilaian aktivitas Speaking siswa di dalam kelas, penggunaan media ajar Puppets bisa meningkatkan kemampuan berbicara siswa, yang menunjukkan peningkatan 13.4 % dari siklus 1 (63,3%)ke siklus 2 (76.7%). Menurut hasil Wawancara mengatakan bahwa, penulis menemukan bahwa Puppets bisa meningkatkan kemampuan Speaking siswa. Kebanyakan dari siswa, setuju untuk menggunakan Puppets dalam proses belajar mengajar. Berdasarkan pada hasil dari wawancara non- formal, penulis menyimpulkan bahwa siswa dapat menerima Puppets sebagai media di dalam proses belajar mengajar. Mereka merasa lebih tertarik Puppets sebagai media pengajaran.
ABSTRACT
PBI10013 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain