Skripsi
Analisis Kesalahan Penempatan Huruf 's' Atau es' Untuk Kata Kerja Simple Present Tense Dan Kata Benda Jamak Pada Siswa SMP Kelas VII (Suatu Penelitian di SMP N 02 Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009)
SAEFUL HAMZAH. 2010. Skripsi. " Analisis Kesalahan Penempatan Huruf 's' Atau es' Untuk Kata Kerja Simple Present Tense dan Kata Benda Jamak Pada Siswa SMP Kelas VII (Suatu Penelitian di SMP N 02 Kramat Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010)".
Kata Kunci : Kesalahan penempatan huruf 's' atau 'es', kata kerja simple present tense dan kata benda jamak
Skripsi ini adalah sebuah penelitian tentang kesalahan penempatan huruf 's' atau 'es' untuk kata kerja simple present tense dan kata benda jamak yang dilakukan siswa kelas VII SMP N 02 Kramat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan yang sering dilakukan siswa kelas VII SMP dalam penempatan huruf 's' atau 'es' dalam kata kerja simple present tense dan kata benda jamak.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 02 Kramat. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 38 siswa dari jumlah populasi sebanyak 360 siswa dan teknik pengambilan sampel dengan menggunakan cluster sampling.
Dari hasil analisa data dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VII SMP N 02 Kramat pada umumnya masih banyak membuat kesalahan dalam penempatan huruf 's' atau es' untuk kata kerja simple present tense dan kata benda jamak. Dari beberapa kesalahan penempatan tersebut dikelompokkan dalam dua kategori kesalahan dan masing-masing kategori kesalahan terdapat beberapa item kesalahan. Untuk kata kerja: kesalahan karena ketidaksesuaian dengan subjek sebanyak 12,50%, kesalahan karena penambahan huruf 's' sebanyak 2,50%, kesalahan karena penambahan huruf 'es' sebanyak 10,53%, dengan jumlah total kesalahan perjenis kesalahan kata kerja sebanyak 25,53%. Untuk kata benda: 29,34 %, kesalahan karena penambahan huruf 's' sebanyak 1,32%, kesalahan karena penambahan huruf 'es' sebanyak 23,16%, dan kesalahan karena perubahan kata benda yang tak beraturan sebanyak 4,87%. Dengan jumlah total kesalahan perjenis kesalahan kata kerja sebanyak 29,34%.
Menurut analisis data diatas, kesalahan terbanyak yang dilakukan siswa kelas VII SMP N 02 Kramat pada Semester Gasal Tahun Pelajaran 2009/2010 adalah dalam merubah kata benda tunggal kedalam kata benda jamak dimana pada akhir kata benda tersebut berakhiran huruf 's', 'ss', 'ch', 'sh', 'o' atau 'x'.
Penulis ingin memberikan saran kepada guru bidang studi bahasa Inggris agar dalam pengajaran bahasa inggris perlu memberikan aturan-aturan gramatikal yang sesuai dengan kaidah bahasa Inggris serta memperbanyak memberikan soal latihan kepada peserta didik. Bagi siswa perbanyaklah membaca dan menulis bahasa Inggris untuk meningkatkan penguasaan gramatikal bahasa Inggris.
PBI10018 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain