2,002). Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan metode belajar kelompok dengan bimbingan memberikan pengaruh yang lebih positif dibandingkan dengan penggunaan metode belajar kelompok tanpa bimbingan dalam prestasi belajar bahasa inggris siswa kelas VII. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan ada perbedaan prestasi belajar bahasa Inggris antara siswa yang menggunakan metode belajar kelompok dengan bimbingan dan siswa yang menggunakan metode belajar kelompok tanpa bimbingan. Saran suatu prestasi yang memuaskan diperlukan dorongan, motivasi dari faktor internal maupun eksternal dan menguasai materi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa." />
Skripsi
Efektifitas Kegiatan Belajar Kelompok Dengan Bimbingan Dalam Proses Belajar Bahasa Inggris Bagi Smp Kelas VII (Suatu Penelitian Eksperimental Pada Siswa Kelas VII Semester I di SMP Negeri 3 Slawi Tahun Pelajaran 2009/2010
SISWONDO.2010.Skripsi." Efektifitas Kegiatan belajar Kelompok dengan Bimbingan dalam Proses Belajar Bahasa Inggris Bagi SMP Kelas VII (Suatu Penelitian Eksperimental Pada Siswa Kelas VII Semester I di SMP Negeri 3 Slawi Tahun Pelajaran 2009/2010)".Program Strata 1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Prestasi Belajar bahasa Inggris, Belajar Kelompok, dan Bimbingan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar bahasa inggris siswa yang diajar dengan menggunakan Bimbingan.
Berdasarkan landasan teori dan kerangka berfikir maka dapat dirumuskan hipotesis penelitian sebagai berikut : Apakah siswa yang diajar dengan menggunakan bimbingan lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan tidak menggunakan bimbingan.
Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII.A dan VII.G SMP Negeri 3 Slawi. Jumlah sample dari penelitian ini adalah 60 siswa terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Setiap kelompok terdiri dari 30 siswa. Kelompok eksperimen adalah siswa yang diajar dengan menggunakan metode belajar kelompok dengan bimbingan sebagai kelompok pertama dan kelompok kontrol adalah siswa yang diajar dengan menggunakan metode belajar kelompok tanpa bimbingan sebagai kelompok kedua.
Penulis menggunakan tes sebagai instrument penelitian. Tes tersebut membutuhkan waktu 80 menit. Jenis tes yang diberikan adalah pilihan ganda dengan 4 pilihan A,B,C dan D. Untuk mengetahui reliabilitas dan validitas dari instrument, penulis telah mengujicobakan instrument dengan memberikan tes tersebut kepada 30 siswa yang memiliki kemampuan yang sama dengan sample.
Data penelitian ini diperoleh dari hasil tes bahasa Inggris dalam bentuk pilihan ganda. Analisis data penelitian ini dihitung dengan rumus uji-t. Berdasarkan dari analisis data, diperoleh t-hitung adalah 2,620 pada taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan (dk) 58, diperoleh t-tabel 2,002 yang berarti t-hitung lebih besar daripada t-tabel (2,620 > 2,002). Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan metode belajar kelompok dengan bimbingan memberikan pengaruh yang lebih positif dibandingkan dengan penggunaan metode belajar kelompok tanpa bimbingan dalam prestasi belajar bahasa inggris siswa kelas VII.
Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan ada perbedaan prestasi belajar bahasa Inggris antara siswa yang menggunakan metode belajar kelompok dengan bimbingan dan siswa yang menggunakan metode belajar kelompok tanpa bimbingan.
Saran suatu prestasi yang memuaskan diperlukan dorongan, motivasi dari faktor internal maupun eksternal dan menguasai materi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
PBI10020 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain