2,042 yang berarti penggunaan media audiovisual mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan bahasa Inggris siswa kelas X Sekolah Menengah Atas. 2) Kemampuan bahasa Inggris siswa kelompok eksperimen dengan nilai rata-rata sebesar 6,81ternyata lebih tinggi dari kemampuan bahasa Inggris siswa kelompok kontrol dengan nilai rata-rata 6,02 yang berarti penggunaan media audiovisual mempunyai pengaruh yang positif terhadap kemampuan bahasa Inggris siswa kelas X Sekolah Menengah Atas. Simpulan menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan menggunakan media audiovisual mempunyai kemampuan bahasa Inggris yang lebih baik daripada siswa yang diajar tanpa menggunakan media audiovisual. Jadi, bagi para guru bahasa Inggris Sekolah Menengah Atas disarankan untuk menggunakan media audiovisual dalam pengajarannya, karena telah terbukti mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam belajar bahasa Inggris." />
Skripsi
Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Bahasa Inggris Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009
NOVIANI, AYU. 2010. Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Bahasa Inggris Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi Program Strata 1 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci: Media audiovisual, Kemampuan bahasa Inggris siswa.
Kemampuan bahasa Inggris dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satunya adalah pemilihan tehnik pembelajaran yang tepat. Audiovisual sebagai salah satu produk tekhnologi pembelajaran memungkinkan siswa mendapatkan pengalaman belajar yang berbeda sehingga dapat meningkatkan motivasi dalam belajar bahasa Inggris.
Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah siswa yang diajar dengan menggunakan media audiovisual akan memperoleh kemampuan bahasa Inggris lebih baik daripada siswa yang diajar tanpa menggunakan media audiovisual.
Berdasarkan rumusan masalah, maka penulis menyusun hipotesis: "Siswa yang diajar dengan menggunakan media audiovisual akan memperoleh kemampuan bahasa Inggris lebih baik daripada siswa yang diajar tanpa menggunakan media audiovisual".
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audiovisual terhadap kemampuan bahasa Inggris siswa kelas X SMA Negeri 3 Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 3 Tegal Tahun Ajaran 2008/2009 yang berjumlah 267 siswa. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik random sampling untuk menetapkan sampel. Sampel penelitian berjumlah 60 siswa yang terbagi dalam dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut: 1) Hasil analisis data dan pengujian hipotesis menunjukkan perolehan thitung sebesar 3,29 dan t tabel dengan taraf signifikasi 5% adalah 2,042 sehingga thitung lebih besar daripada ttabel yaitu 3,29>2,042 yang berarti penggunaan media audiovisual mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan bahasa Inggris siswa kelas X Sekolah Menengah Atas. 2) Kemampuan bahasa Inggris siswa kelompok eksperimen dengan nilai rata-rata sebesar 6,81ternyata lebih tinggi dari kemampuan bahasa Inggris siswa kelompok kontrol dengan nilai rata-rata 6,02 yang berarti penggunaan media audiovisual mempunyai pengaruh yang positif terhadap kemampuan bahasa Inggris siswa kelas X Sekolah Menengah Atas.
Simpulan menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan menggunakan media audiovisual mempunyai kemampuan bahasa Inggris yang lebih baik daripada siswa yang diajar tanpa menggunakan media audiovisual. Jadi, bagi para guru bahasa Inggris Sekolah Menengah Atas disarankan untuk menggunakan media audiovisual dalam pengajarannya, karena telah terbukti mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam belajar bahasa Inggris.
PBI10021 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain