Skripsi
" Pengaruh Penggunaan Discovery Technique terhadap Prestasi Siswa dalam Belajar Kosakata ( Sebuah Penelitian Eksperimental pada Siswa Kelas V Semester I SDN Bogares Kidul 02 TahunPelajaran 2009-2010)
Uripah.1604501186.PENGARUH PENGGUNAAN DISCOVERY TECHNIQUE TERHADAP PRESTASI SISWA DALAM BELAJAR KOSAKATA.(Sebuah Penelitian Eksperimental pada Siswa Kelas V Semester I SDN Bogares Kidul 02 Tahun Pelajaran 2009-2010). Skripsi Program Strata I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Discovery technique, kosakata
Penelitian ini bertujuan mengetahui ada tidaknya pengaruh positif penggunan Discovery technique terhadap prestasi siswa dalam belajar kosakata kelas V SDN Bogares Kidul 02 Tahun Pelajatran 2009-2010.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Bogares Kidul 02 sebanyak 65 siswa. Jumlah sampel 50. Dari jumlah sampel dibagi dua kelompok yaitu 25 siswa diambil sebagai kelas eksperimen yang menggunakan Discovery technique dan yang 25 diambil sebagai kelas control.
Berdasarkan landasan teori, kerangka berfikir dapat dirumuskan hipotesis sebagai berikut: penggunan Discovery technique berpengaruh positif terhadap prestasi siswa dalam belajar kosakata.
Analisa data untuk penelitian ini dilakukan dengan uji-t yaitu menguji nilai rata-rata kedua kelompok tersebut. Data penelitian ini diperoleh dengan mengadakan tes tertulis yaitu pilihan ganda dengan 4 ( empat) option sebanyak 40 butir soal. Dari perhitungan menunjukan bahwa pada taraf signifikan 5 % dan derajat kebebasan ( dk) 23, dari table distribusi didapat sebesar 2,069 dan diperoleh t-hitung 2,529 yang berari lebih besar dari t-tabel, dengan demikian Ho ditolak dan Hi diterima.
Dari perhitungan tersebut dapat disimpulkan, penggunaan Discovery technique berpengaruh positif terhadap prestasi siswa dalam belajar kosakata dalam pengajaran bahasa Inggris Kelas V SDN Bogares Kidul 02 Tahun Pelajaran 2009-2010.
PBI10031 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain