Skripsi
PENGARUH BIAYA PERIKLANAN DAN SALES PROMOTION TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT PANCAMAS JAYA PRAKARSA SUKOHARJO
BAMBANG DWI SANTOSO NPM 41065602494 PROGRAM STUDI MANAJEMEN PERUSAHAAN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL, PENGARUH BIAYA PERIKLANAN DAN SALES PROMOTION TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT PANCAMAS JAYA PRAKARSA SUKOHARJO. M. FAQIHUDIN, S.E, M.Si SELAKU PEMBIMBING I, NIKEN WAHYU C, S.E, M.M SELAKU PEMBIMBING II
Perusahaan pada umumnya didirikan bertujuan untuk dapat bertahan hidup dan mencari laba yang semaksimal mungkin. Keberhasilan suatu perusahaan dalam mencapai tujuannya itu sangat dipengaruhi oleh kemampuan perusahaan dalam memasarkan produknya. Hal yang dilakukan oleh perusahaan untuk memperkenalkan produk dan mendorong masyarakat melakukan pembelian adalah kegiatan promosi yang dikenal sebagai promotional mix yang terdiri dari periklanan dan sales promotion.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui biaya periklanan terhadap volume penjualan pada PT. Pancamas Jaya Prakarsa, untuk mengetahui biaya sales promotion terhadap volume penjualan pada PT. Pancamas Jaya Prakarsa, untuk mengetahui biaya periklanan dan sales promotion terhadap volume penjualan pada PT.Pancamas Jaya Prakarsa Sukoharjo
Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Normalitas dan Uji Linieritas serta Metode analisis Regresi Linier Berganda dengan uji T dan Uji F.
Dengan Metode analisis Regresi Linier Berganda diperoleh hasil :
Y = 1453297433,395 + 5,334 X1 + 27,866 X2
Hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut : 1) hasil analisis regresi linier berganda terdapat hubungan positif antara biaya promotional mix terhadap volume penjualan. 2) Hasil analisis dengan menggunakan uji t didapatkan variabel biaya periklanan sebesar 1,976 dan biaya sales promotion sebesar 9,936 dengan ttabel sebesar 3,18. Berarti dapat dikatakan bahwa biaya periklanan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap volume penjualan, sedangkan biaya sales promotion berpengaruh sangat kuat signifikan terhadap volume penjualan. 3) Hasil uji F diperoleh Fhitung sebesar 40,479 dengan Ftabel sebesar 19,000, jadi secara simultan variabel biaya periklanan dan biaya sales promotion mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap volume penjualan.
Dari hasil diatas terlihat bahwa kegiatan promosi seperti biaya periklanan dan biaya sales promotion sangat berpengaruh dalam meningkatkan volume penjualan. Mengingat biaya sales promotion mempunyai hubungan yang sangat kuat terhadap volume penjualan, hendaknya perusahaan lebih meningkatkan biaya sales promotion secara efektif, sehingga biaya yang dikeluarkan tidak sia-sia.
MPGE1004 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain