0,430). Hal ini menunjukkan bahwa apabila rhitung > rtabel maka Hipotesis Alternatif (Ha) penelitian ini diterima. yaitu ada hubungan yang signifikan antara prestasi belajar teori akuntansi dengan prestasi praktik akuntansi siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 2 Tegal tahun pelajaran 2009/2010. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara prestasi belajar teori akuntansi dengan prestasi praktik akuntansi siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 2 Tegal tahun pelajaran 2009/2010. Saran yang dapat diberikan oleh penulis yaitu untuk meningkatkan prestasi praktik akuntansi perlu ditingkatkan prestasi belajar pada teori akuntansi, sehingga dapat meningkatkan kompetensi siswa dalam akuntansi." />
Skripsi
Hubungan Prestasi Belajar Teori Akuntansi dengan Prestasi Praktik Akuntansi pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 2 Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010
RACHMAWATI, LAELA. 2010. "Hubungan Prestasi Belajar Teori Akuntansi dengan Prestasi Praktik Akuntansi pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 2 Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010". Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Dr. Yayat Hidayat Amir, M.Pd. Dewi Amaliah Nafiati, S.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Prestasi Belajar Teori Akuntansi, Prestasi Praktik Akuntansi
Permasalahan pokok yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah : (1) apakah ada hubungan prestasi belajar teori akuntansi dengan prestasi praktik akuntansi pada siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 2 Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010?, (2) seberapa besar hubungan prestasi belajar teori akuntansi dengan prestasi praktik akuntansi pada siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 2 Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010? Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksanaan penelitian ini yaitu untuk mengetahui : (1) ada tidaknya hubungan prestasi belajar teori akuntansi dengan prestasi praktik akuntansi pada siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 2 Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010, (2) seberapa besar hubungan prestasi belajar teori akuntansi dengan prestasi praktik akuntansi pada siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 2 Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 2 Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 105 siswa. Dari 105 siswa tersebut diambil sampel secara cluster random sampling, yaitu siswa kelas XI Akuntansi 2 yang berjumlah 35 orang siswa.
Data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi dan kepustakaan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh koefisien korelasi (rhitung) sebesar 0,683 bila dikonsultasikan dengan rtabel, dengan N = 35 harga kritik untuk r pada taraf kepercayaan 99 % adalah 0,430, sehingga dengan demikian rhitung lebih besar dari rtabel (0,683>0,430). Hal ini menunjukkan bahwa apabila rhitung > rtabel maka Hipotesis Alternatif (Ha) penelitian ini diterima. yaitu ada hubungan yang signifikan antara prestasi belajar teori akuntansi dengan prestasi praktik akuntansi siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 2 Tegal tahun pelajaran 2009/2010.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara prestasi belajar teori akuntansi dengan prestasi praktik akuntansi siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 2 Tegal tahun pelajaran 2009/2010. Saran yang dapat diberikan oleh penulis yaitu untuk meningkatkan prestasi praktik akuntansi perlu ditingkatkan prestasi belajar pada teori akuntansi, sehingga dapat meningkatkan kompetensi siswa dalam akuntansi.
PEGE10001 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain