Skripsi
Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Konsumen dalam Pembelian Telepon Selular di PT. Trikomsel, Tbk. Tegal
Novan Handiansyah. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Konsumen dalam Pembelian Telepon Selular di PT. Trikomsel, Tbk. Tegal. Skripsi. Tegal : Fakultas Ekonomi Universitas Pancasakti Tegal. 2010.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pembelian telepon selular di PT. Trikomsel Tbk, Tegal.
Hipotesis dalam penelitian ini adalah diduga faktor yang paling mempengaruhi konsumen dalam pembelian telepon selular adalah faktor harga.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan PT. Trikomsel, Tbk. Tegal, sedangkan sampel yang diambil sejumlah 100 orang dengan menggunakan teknik ramdom sampling.
Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode kuesioner, dan studi pustaka. Sedangkan metode analisa yang digunakan adalah anova satu jalan (One Way Anova).
Berdasarkan hasil penelitian kepada 100 responden diketahui sebanyak 68 responden (68,0%) memilih merk telepon selular Nokia. Hal ini menunjukkan bahwa merk Nokia merupakan merk yang paling diminati oleh para pelanggan PT. Trikomsel, Tbk. Tegal. Dengan Analisa of varian (Anova) diketahui bahwa 22 orang dalam memilih telepon selular mempertimbangkan faktor harga, 10 orang memilih telepon selular karena bentuknya yang fashionabel, 21 orang memilih telepon selular karena pilihan warnanya, 13 orang memilih telepon selular karena kualital signal dan suara, 7 orang memilih telepon selular karena kemudahannya disambungkan dengan peralatan elektronik lainnya, 9 orang memilih telepon selular karena fasilitas multimedianya, dan 18 orang memilih telepon selular karena desain artistiknya. Berdasarkan hasil Test of Homogeneity of variance diperoleh hasil sig sebesar 0,004. Ternyata ? = 0,05 lebih besar dari nilai Sig maka Ho diterima dan Ha ditolak artinya kesukaan pelanggan terhadap merk telepon selular adalah tidak homogen. Hasil dari perhitungan (Fhitung) diperoleh hasil 10,855. sedangkan Ftabel = 3,09. Maka Fhitung = 10,855 ?Ftabel = 3,09 artinya Ho berarti signifikan. Hal itu dapat diartikan terdapat perbedaan yang signifikan antara faktor-faktor yang mempengaruhi pelanggan dalam pembelian telepon selular PT. Trikomsel, Tbk. Maka disarankan agar produsen telepon selular memperhatikan faktor-faktor yang diminati oleh konsumen, sehingga dapat dimanfaatkan dan dieksploitasi dalam mengembangkan program pemasaran oleh masing-masing pemasar, khususnya dalam mendesain produk dan melakukan komunikasi pemasaran
AKNGE1017 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain