Skripsi
Hubungan Profesionalisme Guru dalam Memotivasi Belajar PKn terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IX Semester I di MTs Miftahul Ulum Rengaspendawa Kab. Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011
Indonesia :
Nama: ROSIKHIN, NPM: 1207500707, judul skripi: "Hubungan Profesionalisme Guru dalam Memotivasi Belajar PKn terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IX Semester I di MTs Miftahul Ulum Rengaspendawa Kab. Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011."
Kata kunci: motivasi belajar.
Latar belakang masalah: Motivasi belajar siswa harus ada peningkatan terus menerus, terarah dan berkesinambungan. Untuk mencapai hal ini diperlukan peran aktif guru, terlebih peran aktif guru professional yang telah memperoleh sertifikat pendidik, dapat menjadi penggerak peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa.
Permasalahan penelitian adalah "apakah ada hubungan antara profesionalisme guru dalam memotivasi belajar PKn siswa kelas IX Semester I dengan prestasi belajar siswa di MTs Miftahul Ulum Rengaspendawa Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2010/2011?"
Tujuannya adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara profesionalisme guru dalam memotivasi belajar PKn siswa kelas IX Semester I dengan prestasi belajar siswa di MTs Miftahul Ulum Rengaspendawa Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2010/2011.
Untuk menjawab permasalahan tersebut diajukan jawaban sementara atau hipotesa kerja (Ha) yaitu "ada hubungan antara profesionalisme guru dalam memotivasi belajar PKn siswa kelas IX Semester I dengan prestasi belajar siswa di MTs Miftahul Ulum Rengaspendawa Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2010/2011."
Guna membuktikan hipotesa tersebut dilakukan penelitian terhadap sampel siswa kelas IX semester I di MTs Miftahul Ulum Rengaspendawa Kabupaten Brebes sebanyak 50 siswa sebagai responden. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah nilai formatif semester dan angket. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisa dengan rumus correlation product moment. Hasil perhitungan r-hitung diperoleh nilai sebesar -0, kemudian nilai tersebut dikonsultasikan pada nilai r-Table Taraf Signifikansi 5% N = 50¬r-table sebesar 0,275, ternyata r-hitung jauh lebih kecil daripada r-table.
Simpulannya adalah "tidak ada hubungan antara profesionalisme guru dalam memotivasi belajar PKn siswa kelas IX Semester I dengan prestasi belajar siswa di MTs Miftahul Ulum Rengaspendawa Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2010/2011." Hal ini menunjukkan bahwa profesionalisme guru tidak banyak membawa pengaruh bagi siswa dalam prestasi belajar PKn.
Saran: Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, profesionalisme guru dilakukan secara sportif, jujur, dan bertanggung jawab.
Untuk mewujudkan kompetensi guru professional empat macam kompetensi seyogyanya dapat terpenuhi, yaitu:
1. Kompetensi profesional.
2. Kompetensi pedagogik.
3. Kompetensi kepribadian, dan
4. Kompetensi sosial.
english :
Name: ROSIKHIN, NPM: 1207500707, entitled skripi: "Relations Professional Teacher Learning to Motivate Student Achievement Civic Education of Class IX Semester in MTs Miftahul Ulum Rengaspendawa Kab. Brebes Academic Year 2010/2011. "
Keywords: motivation to learn.
Background problem: motivation learning students should have continuous improvements, targeted and sustainable. To achieve this requires the active role of teachers, especially the active role of the professional teacher who has obtained the certification of educators, to become the driving motivation and increase student achievement.
The problem of research is "whether there is a relationship between the professionalism of teachers in motivating students to learn civics class IX Semester and academic achievement of students in MTs Miftahul Ulum Rengaspendawa Brebes 2010/2011 school year?"
The aim is to determine whether there is relationship between the professionalism of teachers in motivating students to learn civics class IX Semester and academic achievement of students in MTs Miftahul Ulum Rengaspendawa Brebes academic year 2010/2011.
To address these problems while the answer filed or working hypothesis (Ha) that "there is a correlation between the professionalism of teachers in motivating students to learn civics class IX Semester and academic achievement of students in MTs Miftahul Ulum Rengaspendawa Brebes school year 2010/2011."
To prove the hypothesis that an examination of the samples of the first semester of class IX student in MTs Miftahul Ulum Rengaspendawa Brebes as many as 50 students as respondents. Data collection tool used is the value of formative semester and questionnaire. Collected data are then analyzed with product moment correlation formula. The calculation result obtained by calculating r-values of -0, then the value is consulted on the value of r-Table Taraf Significance 5% N = 50 ¬ r-table for 0.275, r-count was much smaller than r-table.
Conclusion is "no relationship between the professionalism of teachers in motivating students to learn civics class IX Semester and academic achievement of students in MTs Miftahul Ulum Rengaspendawa Brebes school year 2010/2011." This indicates that the professionalism of teachers is not an impact to students in achievement Civics learning.
Tip: To improve student achievement, teacher professionalism done sportsmanship, honest, and responsible.
To achieve professional competence of teachers of four kinds of competence should be met, namely:
1. Professional competence.
2. Pedagogical competence.
3. Competence personality, and
4. Social competence.
922011KI6 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain