rtabel atau 0,557 > 0,244 dan 0,557 > 0,317 sehingga ada hubungan yang signifikan. Saran dalam penelitian ini 1) sebaiknya dalam evaluasi pembelajaran Ekonomi dan Praktik Kewirausahaan, digunakan bentuk penilaian yang beragam dengan prosentase dan komposisi yang berimbang; 2) sebaiknya siswa sering diberi tugas yang berupa tugas praktik kewirausahaan dan hendaknya dalam bentuk yang bervariasi maupun dalam bentuk yang berbeda secara bergantian." />
Skripsi
Hubungan Prestasi Belajar Ekonomi dengan Nilai Praktik Kewirausahaan pada Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 01 Pemalang Tahun Pelajaran 2009/2010
Ulin Umaroh, 2010, Skripsi. Hubungan Prestasi Belajar Ekonomi dengan Nilai Praktik Kewirausahaan pada Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 01 Pemalang Tahun Pelajaran 2009/2010. Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Nilai Ekonomi dan Nilai Praktik Kewirausahaan
Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Apakah ada hubungan nilai prestasi belajar Ekonomi dengan nilai Praktik Kewirausahaan pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah 01 Pemalang tahun pelajaran 2009/2010?" sedangkan tujuan penelitian untuk: 1) mengetahui kondisi hasil belajar siswa kelas X SMK Muhammadiyah 01 Pemalang tahun pelajaran 2009/2010 dalam mata pelajaran Ekonomi; 2) mengetahui kondisi hasil belajar siswa kelas X SMK Muhammadiyah 01 Pemalang tahun pelajaran 2009/2010 dalam mata pelajaran Praktik Kewirausahaan; 3) menganalisis hubungan antara prestasi belajar Ekonomi dengan nilai Praktik Kewirausahaan pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah 01 Pemalang tahun pelajaran 2009/2010.
Populasi dalam penelitian ini siswa kelas X SMK Muhammadiyah 01 Pemalang tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 316 siswa yang terbagi dalam tujuh kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 63 siswa dengan menggunakan teknik Proporsional Random Sampling, sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Nilai prestasi belajar Ekonomi siswa kelas X SMK Muhammadiyah 01 Pemalang dengan nilai tertinggi adalah sebesar 100, nilai terendah 80 dan mean sebesar 91,19. Dengan demikian, mean nilai praktik kewirausahaan siswa kelas X SMK Muhammadiyah 01 Pemalang sebesar 91,19 berada dalam interval antara 80 - 100 yang berarti termasuk kategori baik sekali; 2) Nilai praktik kewirausahaan siswa kelas X SMK Muhammadiyah 01 Pemalang dengan nilai tertinggi adalah sebesar 85, nilai terendah 70 dan mean sebesar 72,70. Dengan demikian, mean nilai praktik kewirausahaan siswa kelas X SMK Muhammadiyah 01 Pemalang sebesar 72,70 berada dalam interval antara 66 - 79 yang berarti termasuk kategori baik; 3) Terdapat korelasi yang signifikan nilai prestasi belajar Ekonomi dengan nilai Praktik Kewirausahaan siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 01 Pemalang kabupaten Pemalang. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan harga r yang diperoleh sebesar 0,557 di mana harga rtabel pada taraf signifikan 5% maupun 1% dengan N = 63 sebesar 0,244 dan 0,317 yang berarti rhitung > rtabel atau 0,557 > 0,244 dan 0,557 > 0,317 sehingga ada hubungan yang signifikan.
Saran dalam penelitian ini 1) sebaiknya dalam evaluasi pembelajaran Ekonomi dan Praktik Kewirausahaan, digunakan bentuk penilaian yang beragam dengan prosentase dan komposisi yang berimbang; 2) sebaiknya siswa sering diberi tugas yang berupa tugas praktik kewirausahaan dan hendaknya dalam bentuk yang bervariasi maupun dalam bentuk yang berbeda secara bergantian.
PE081040 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain