Skripsi
Studi Kasus Tentang Pengaruh Film Naruto Terhadap Perilaku Peserta Didik Kelas I SDN Sidapurna 03 Dukuhturi Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010
Indonesia :
Yuni Satria, Darmawan.2010, NPM 1107500814 Judul Skripsi : " Studi Kasus Tentang Pengaruh Film Naruto Terhadap Perilaku Peserta Didik Kelas I SDN Sidapurna 03 Dukuhturi Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010". Pembimbing I Drs. Sukoco KW, Pembimbing II Suriswo, M.Pd.
Kata Kunci : Perilaku Naruto. SDN Sidapurna 03 Dukuhturi Tegal.
Sepintas, anak yang mengalami kecanduan Naruto secara fisik sama dengan anak yang lain, hanya saja cara mereka beraktivitas berbeda dibandingkan dengan kebanyakan anak lain. Jika tidak ada yang membimbingnya dikhawatirkan akan menimbulkan dampak buruk bagi anak tersebut juga anak yang lain.
Permasalahan penelitian ini adalah : 1) Faktor apa saja yang berpengaruh terhadap anak pada film Naruto, 2) Perilaku anak seperti apa yang dipengaruhi film Naruto, 3) Bagaimana cara menyiasati dan menyikapi pengaruh positif dan negatif film Naruto 4) Bagaimana upaya dalam menangani sikap kartunistik Naruto pada peserta didik. Adapun tujuan yang akan dicapai yaitu : 1) Untuk mengetahui faktor apa saja dalam film Naruto yang dapat berpengaruh pada anak, 2) Untuk mengetahui perilaku pada anak yang muncul akibat dari film Naruto, 3) Untuk mengetahui cara menyiasati dan cara menyikapi pengaruh positif dan negatif film Naruto 4) Mengetahui upaya apa saja yang harus dilakukan oleh guru dalam menangani sikap kartunistik Naruto pada peserta didik.
Penelitian ini menggunakan penelitian kasus dimana populasi dan sampel adalah anak yang mengalami kecanduan Naruto yaitu terdapat 2 orang anak. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisa Grounded, dimana teknik grounded berupaya mengenalkan suatu corak penelitian untuk menemukan teori berdasarkan data.
Berdasarkan hasil analisis data yang disajikan, dapat disimpulkan bahwa : 1) Faktor dalam film Naruto yang dapat berpengaruh pada anak yaitu faktor jam tayang, faktor durasi penayangan dan faktor kisah atau jalan cerita. 2) Perilaku anak yang muncul akibat dari film Naruto diantaranya adalah suka usil, agresif, emosional, rela meninggalkan semua kewajibannya seperti beribadah shalat maghrib serta belajar demi menonton Naruto, sering mengeluarkan dialog kalimat umpatan, mengidentifikasi diri sebagai salah satu tokoh dalam Naruto, memiliki kemampuan bercerita, 3) Cara menyiasati dan cara menyikapi pengaruh positif dan negatif tayangan film Naruto pada anak yaitu mengatur jadwal kegiatan anak, mempelajari nilai positif dan negatif Naruto, mendampingi ketika menonton, mengawasi tingkah laku anak, memberi teladan yang baik, memberi nasihat secara bijaksana, 4) Upaya yang dilakukan oleh guru dalam menangani sikap kartunistik Naruto peserta didik yaitu melalui bimbingan konseling perorangan serta kerja sama dengan orang tua agar dapat menangani perilaku anak dirumah dengan baik.
Inggris :
Yuni Satria, Darmawan.2010, NPM 1107500814 Title Thesis: "Case Studies on The Effects of The Behaviour Participants Naruto Movie Educate First Class SDN Tegal Dukuhturi Sidapurna 2003 Academic Year 2009/2010". First Advisors Drs. Sukoco KW, Advisor II Suriswo, M.Pd.
Keywords: Behavior Naruto. SDN Tegal Dukuhturi Sidapurna 03.
At first glance, a child who suffered physically addicted to Naruto with other children, it's just the way they move differently than most other children. If nothing is guided feared to cause adverse effects for children are also other children.
This research problem is: 1) What factors influence the child in Naruto movie, 2) child behavior such as what films influenced Naruto, 3) How do I get around and address the positive and negative effects Naruto movie 4) What efforts in dealing with attitudes kartunistik Naruto on the learner. The objectives to be achieved, namely: 1) To determine what factors in the Naruto movie that can affect children, 2) To study the behavior of the child arising out of Naruto movies, 3) To know how to get around and how to address the positive and negative effects Naruto movie 4) Determine what efforts should be made by teachers in dealing with attitudes kartunistik Naruto on learners.
This study uses a case study where the population and sample are children who have an addiction there are two people Naruto is a child. Data collection methods used are observation, interview and documentation. While the data analysis technique used was Grounded analysis technique, which seeks to introduce a technique grounded style of research to find a theory based on the data.
Based on analysis of the data presented, it can be concluded that: 1) factor in the Naruto movie that can affect the child factor airtime exposure duration factor and factor of the story or plot. 2) child behavior arising out of such Naruto movie is like being nosy, aggressive, emotional, willing to abandon all of its obligations as maghrib prayer and study in order to watch Naruto, often issuing sentences calumny dialogue, identifying himself as one of the characters in Naruto, has the ability story telling, 3) How to get around and how to address the positive and negative impressions on the child's Naruto movie that is set the schedule of the child, learning the value of positive and negative Naruto, consort when watching, keep an eye on your child's behavior, giving a good example, give advice wisely, 4) The efforts of teachers to handle students' attitudes kartunistik Naruto is through individual counseling as well as cooperation with parents in order to deal with children at home with a good behaviors.
BK081013 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain