Skripsi
Efektivitas Model Quantum Teaching Dengan Berbantu Alat Peraga Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika (Suatu Penelitian Kelas IX Semester I SMP Negeri 3 Adiwerna Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal pada Tahun pelajaran 2010/2011 Pada Materi Bangun R
Indonesia :
EPA NURYANI. NPM : 1705500848. 2011. "Efektivitas Model Quantum Teaching Dengan Berbantu Alat Peraga Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika (Suatu Penelitian Kelas IX Semester I SMP Negeri 3 Adiwerna Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal pada Tahun pelajaran 2010/2011 Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung). Skripsi jenjang S 1 Program Studi Pendidikan matematika. Hj. Isnani. M.Si, Drs. Ponohardjo, M.Pd Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Model Pembelajaran, Quantum Teaching Dengan Berbantu Alat Peraga, Hasil Belajar
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa antara yang diajarkan dengan model quantum teaching dengan berbantu alat peraga dengan yang diajarkan dengan model konvensional dan jika ada perbedaan hasil belajar siswa antara yang diajarkan dengan model quantum teaching dengan berbantu alat peraga dengan yang diajarkan dengan model konvensional, maka model mana yang lebih efektif digunakan.
Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Negeri 3 Adiwerna Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IX semester I yang terbagi dalam 9 kelas dan terdiri dari 310 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas dengan kelas IXB sebagai kelas eksperimen dan kelas IXH sebagai kelas kontrol yang diambil secara Claster Random Sampling. Untuk menguji hipotesis yang diajukan digunakan Statistik Uji-t dua pihak dan uji-t pihak kanan.
Sebelum dilakukan penelitian sebelumnya dilakukan uji kesetaraan untuk mengetahui apakah kedua kelas berasal dari titik tolak yang sama atau tidak. Dengan Uji Kesetaraan diperoleh hasil bahwa kedua kelas berasal dari titik tolak yang sama.
Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan prestasi belajar antara siswa yang diajar dengan model quantum teaching dengan berbantu alat peraga dengan siswa yang diajar dengan model konvensional dan model quantum teaching dengan berbantu alat peraga lebih efektif digunakan daripada model konvensional.
English :
EPA NURYANI. NPM : 1705500848. 2011. "Teaching With Effectiveness Model Quantum Berbantu Viewer Tool To Increase Student (A First Semester Research Class IX SMP Negeri 3 Adiwerna Sub Adiwerna Tegal regency in school year 2010/2011 Results Matter Build On Curved Side Room). Thesis S 1 level mathematics Education Studies Program. Hj. Isnani. M.Si, Drs. Ponohardjo, M.Pd Faculty of Teacher Training and Education, University Pancasakti Tegal.
Keywords : Models of Learning, Quantum Teaching With Berbantu Viewer Tool, Learning Outcomes
The purpose of this research is to know there are differences between student learning outcomes that are taught by teaching quantum model with berbantu props to those taught by the conventional model and if there are differences between the learning outcomes of students taught with the quantum model of teaching with visual aids by being taught by conventional model, the model which is more effective to use.
This research takes place in the Junior High School District 3 Adiwerna Adiwerna Tegal regency. The population in this study were all students the first semester of class IX are divided in 9 classes academic year consisting of 2 classes of 306 students. Sampling technique using cluster random sampling technique. The sample in this study were IXB-grade students as a class experiment, and IXH class students as a control class.. While the sample in this study were 2 classes are taken by Claster Random Sampling. To test the hypothesis and test statistics used-t the two parties and the right side t-test.
Prior to conducting the research previously conducted test of equality to determine whether the two classes derived from the same starting point or not. With Equality Test results showed that the two classes derived from the same starting point.
The results showed no difference in academic achievement between students who are taught by teaching quantum model with props berbantu with students who are taught with the conventional model and quantum model of teaching with visual aids berbantu more effective to use than conventional models
1622011KI2 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain