Skripsi
Keefektifan Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Sikap Dan Prestasi Belajar Matematika (Sebuah Peneltian Pada Siswa Kelas VII Semester II SMP N 2 Margasari Tahun Pelajaran 2009/2010 Pokok Bahasan Himpunan)
HAEFI MARDIYATMI.2010. Keefektifan Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Sikap dan Prestasi Belajar Matematika (Sebuah Penelitian Pada Siswa Kelas VII Semester II SMP N 2 Margasari Tahun Pelajaran 2009/2010 Pokok Bahasan Himpunan). Skripsi. Jenjang Strata Satu Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: A. Nina Rosana C, M.Si. Pembimbing II: Drs. Suwandono, M.Pd
Kata kunci : kontekstual, sikap belajar, prestasi belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan model pembelajaran kontekstual terhadap sikap dan prestasi belajar matematika pada siswa kelas VII semester II SMP N 2 Margasari tahun pelajaran 2009/2010. Hipotesis pada penelitian ini adalah model pembelajaran kontekstual lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap sikap dan prestasi belajar matematika.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII semester II SMP N 2 Margasari tahun pelajaran 2009/2010 sebanyak 281 siswa yang terbagi dalam 7 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen (kelas dengan model pembelajaran kontekstual), kelas VII G sebagai kelas kontrol (kelas dengan model pembelajaran konvensional) dan kelas VII F sebagai kelas ujicoba instrumen. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes dan angket.
Sebelum analisis data dilakukan, terlebih dahulu data diuji menggunakan uji Liliefors dan uji Barlett untuk mengetahui normalitas dan homogenitas data sebagai uji prasyarat penelitian. Dengan uji Liliefors pada taraf signifikan 5% didapatkan data berdistribusi normal dan dengan uji Barlett pada taraf signifikan 5% didapatkan data homogen. Analisis data penelitian diuji menggunakan Analisis Ragam Multivariate Satu Arah. Berdasarkan analisis data diperoleh sedangkan dengan taraf signifikan 5% diperoleh harga 0.9270. Perbandingan tersebut menunjukkan bahwa < ( 0.5637 < 0.9270 ) hal ini berarti hipotesis penelitian ini diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap sikap dan prestasi belajar matematika pada siswa kelas VII semester II SMP N 2 Margasari tahun pelajaran 2009/2010 pokok bahasan himpunan.
Sebagai saran, hendaknya seorang guru dalam menerapkan model pembelajaran kontekstual tidak hanya menjelaskan materi dan membantu siswa mengaitkan materi dengan situasi dunia nyata, tetapi juga membantu siswa agar mampu menerapkan materi dalam kehidupannya sehingga prestasi belajar siswa dapat meningkat.
PMTK081010 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain