Skripsi
Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran CTL dengan Media Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar Tahun Pelajaran 2009/2010 (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas VIII Semester II SMP NEGERI 1 Dukuhwaru Tahun Pelajaran 20
Indonesia :
Endang Ariwidiastuti 2011. NPM : 1706500875. "Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Media Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Pokok Kubus dan Balok (Suatu Penelitian pada Kelas VIII Semester II Materi Pokok Kubus dan Balok SMP N 1 Dukuhwaru Tahun Pelajaran 2010/2011).
Kata kunci : Efektifitas, Contextual Teaching and Learning (CTL), Media Alat Peraga, Hasil Belajar.
Pembelajaran matematika dinilai efektif apabila dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan penuh makna. Untuk memenuhi aspek itu, diciptakanlah model-model pembelajaran diantaranya salah satunya adalah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan menggunakan media alat peraga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media alat peraga dan siswa yang diajar dengan metode konvensional(ekspositori) kemudian jika diketahui ada perbedaan, manakah yang lebih baik antara metode Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media alat peraga dan metode konvensional (ekspositori).
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester 2 SMP N 1 Dukuhwaru yang berjumlah 357 siswa. Dari populasi diambil sampel secara cluster random sampling, terpilih kelas VIII.A sebagai kelas eksperimen berjumlah 40 siswa, dan kelas VII.B sebagai kelas kontrol berjumlah 40 siswa serta kelas VIII.D sebagai kelas uji coba yang berjumlah sama 40 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi untuk memperoleh data tentang nama-nama siswa dan jumlah seluruh siswa kelas VIII dan metode tes untuk mengumpulkan data tes prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media alat peraga dan pembelajaran konvensional pada materi pokok kubus dan balok.
Pengujian hipotesis digunakan rumus uji-t dua pihak untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan hasil belajar matematika siswa antara siswa yang diberi pembelajaran menggunakan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media alat peraga dan siswa yang diberi pembelajaran menggunakan konvensional. Sedangkan uji t pihak kanan untuk mengetahui pembelajaran mana yang tepat digunakan.
Berdasarkan hasil penelitian, ada perbedaan antara pembelajaran yang menggunakan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media alat peraga dan pembelajaran konvensional (ekspositori). Dan hasil belajar siswa yang menggunakan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media alat peraga lebih baik daripada siswa yang menggunakan metode konvensional (ekspositori)
pada materi pokok kubus dan balok pada siswa siswa kelas VIII semester 2 SMP N 1 Dukuhwaru tahun pelajaran 2010/2011.
English :
Ariwidiastuti, Endang 2010. NPM : 1706500875. "Effectiveness of Learning Model Using Contextual Teaching and Learning (CTL) with Media Viewer Tool Against Students Results on the Build Material Cube and Cuboid (A study in Class VIII Semester 2 Build Material Cube and Cuboid SMP N 1 Dukuhwaru Academic Year 2010/2011)".
Keywords : Effectiveness, Contextual Teaching and Learning (CTL), Media Viewer Tool, Learning Outcomes.
Learning math is considered effective if done in a fun and meaningful. To fulfill that aspect, the learning models were created of which one of them is a learning model Contextual Teaching and Learning (CTL) by using the media props. The purpose of this study was to determine whether there are differences in learning outcomes between students who are taught with methods of Contextual Teaching and Learning (CTL) with the media teaching aids and students are taught by conventional methods (expository) then if with visual aids and media conventional methods (expository).
The research population is class VIII semester 2 SMP N 1 Dukuhwaru which amounted to 357 students. Of the population sampled by cluster random sampling, was elected as a class experiment VIII.A classes totaling 40 students, and classes VIII.B as the controlling class of 40 students and the class as a class VIII.D trial, amounting to the same 40 students. Data collection techniques were calculated using the documentation to obtain data about the names of students and the total number of class VIII and test methods for collecting student achievement test data in the Contextual Teaching and Learning (CTL) with the media learning and conventional learning aids on the matter subject to a flat side plan geometry cube and beam materials. Hypothesis testing used t-test formula the two parties to determine whether there is difference in students' math skills learning outcomes between students who are learning to use the Contextual Teaching and Learning (CTL) with the media props and students who are learning to use conventional. While the right-side t-test to find out where the appropriate use of learning.
Based on research result, there is a difference between learning the Contextual Teaching and Learning (CTL) methods with the media and conventional learning aids (expository). And students who use the Contextual Teaching and Learning (CTL) method
Based on research result, there is a difference between learning the Contextual Teaching and Learning (CTL) methods with the media and conventional learning aids (expository). And students who use the Contextual Teaching and Learning (CTL) methods with the media props better than students who use conventional methods (expository) in the principal material plane geometry flat side of the cube and beam material in class VIII students semester 2 SMP N 1 Dukuhwaru academic year 2010/2011.
1622011KI23 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain