Skripsi
Efektifitas Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Menghitung Keliling dan Luas Bangun Segiempat. (suatu penelitian pada siswa kelas VIII semester I MTs Darul Karomah Desa Karangwuluh Kecamatan Suradadi Ka
Indonesia :
AJI KURNIAWAN. 2010. NPM. 1705500798. "Efektivitas model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok menghitung keliling dan luas bangun segiempat ". (suatu penelitian pada siswa kelas VIII semester I MTs Darul Karomah Desa Karangwuluh Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal.
Dosen Pembimbing I Ibu Dra. Eleonora DW, M.Pd dan dosen Pembimbing II Bapak Muh. Shefur Rokhman, M.Si
Kata Kunci : Efektivitas, Think Pair Share, Hasil Belajar, Bangun Segiempat, Anakova
Dalam proses pembelajaran, keberhasilan siswa dapat dilihat dari hasil belajarnya. Dalam kenyataan di lapangan hasil belajar siswa masih belum optimal. Untuk itu diperlukan model pembelajaran yang cocok agar siswa dapat berfikir logis, rasional, kritis, cermat. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS). Dengan menerapkan model ini siswa dapat mengembangkan kemampuan berfikir, pemecahan masalah dan keterampilan intelektualnya sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat.
Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran TPS dengan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional pada pokok bahasan keliling dan luas bangun segiempat pada siswa kelas VIII semester I MTs Darul Karomah Desa Karangwuluh Kecamatan Suradadi Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010.
Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VIII semester I MTs Darul Karomah Desa Karangwuluh Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 114 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling yakni dengan mengambil 2 kelas dari 3 kelas, yaitu satu kelas untuk kelompok kontrol yang diajar dengan model pembelajaran secara konvensional dengan jumlah siswa sebanyak 38 siswa, dan satu kelas untuk kelompok eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran TPS dengan jumlah siswa sebanyak 38 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan awal dan tes kemampuan akhir (hasil belajar).
Sebelum instrument penelitian, maka 25 butir soal instrumen perlu diadakan ujicoba, yaitu dengan 4 (empat) kriteria, yakni Validitas Tes, Reliabilitas Tes, Daya Beda dan Tingkat Kesukaran Soal. Dari 25 butir soal uji coba instrument yang dipakai untuk instrument penelitian adalah sebanyak 20 butir soal. Setelah data terkempul kemudian data tersebut dianalisis. Sebelum menguji analisis hasil penelitian maka dari data tersebut harus memenuhi Uji Normalitas, dengan Lo hitung 0,120 pada kelas kontrol dan Lo hitung 0,075 dan Uji Homogenitas, dengan = 0,025. Hasil penelitian dengan anakova menunjukan adanya perbedaan yang signifikan pada efektivitas model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok menghitung keliling dan luas bangun segiempat pada siswa kelas VIII semester I MTs Darul Karomah Desa Karomah Desa Karangwuluh Kecamatn Suradadi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010 dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensioanal. Rata-rata skor tes dari hasil penelitian, ternyata nilai mean kelompok control = 71,711 dan setelah dikoreksi (dikoreksi) = 71,86, namun masih dibawah nilai mean kelompok eksperimen yaitu = 72,237 setalah dikoreksi (dikoreksi) = 74,505.
English :
KURNIAWAN, AJI. NPM. 1705500798 " The Effectivitas of Think Pair Share (TPS) Leraning Model to The Result of Student Learning in Material Circumference Count and Rectangular Form Wide " (a research in class VIII students semester I MTs Darul Karomah Desa Karangwuluh Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal).
Keyword : The Effectiveness, Think Pair Share (TPS), Learning Result, Rectangular Form, Anakova.
In learning process, student success can see from learning result. In reality learnig result student still not optimum. So, need learning model which correct in order to student can logical, ratioanal, critical, and accurate. One of learning model which applied is Think Pair Share (TPS) cooperative learning model. This purpose to student can expand thinking ability, problem solution, and intellectual skilled, until student can increasing learning result.
The aim of this to know significant difference between the result of using Think Pair Share (TPS) learning model with the result of using conventional in material circumfereence count and rectangular form wide in class VIII students semester I MTs Darul Karomah Desa Karangwuluh Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal 2009/2010.
Population of this research is the eight years student semester I of MTs Darul Karomah Desa Karangwuluh Kec. Suradadi Kab. Tegal in years 2009/2010 with 114 students. Taken sample using cluster techbique of random sampling with taking 2 class from 3 class. Class control used convensional learning model, with 38 students. Class experiment used TPS learning model with 38 students. Data analysis technique that used pre-test and pos test.
Instrument used is test with 25 objective test which have been tested with validity, reliability, disting uishing capacity, and the difficulty test leve. Before trying analysis research, result must fill Normalitas Test and Homogenitas Test. Based on calculation gotten significance between students who used TPS learning model with convensioanal learning model. This research result, control grop mean 71,711 and after correction 71,86 but better than experiment group mean 72.237 after correction 74,505.
This conclusion TPS learning model used more effective from convensional learning model. The result change value class control mean and class experiment mean have change beginning until corrected.
The suggestion gotten on this reseach, TPS learning model as an alternative to improve students learning result on the main subject circumference count and rectangular form wide can be socialized with the main other subjects.
PMTK081065 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain