Skripsi
IMPLEMENTASI STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN DI SMA NEGERI 3 TEGAL
Nama : IS M U , NPM : 2108501346, Judul Skripsi : Implementasi Standar Nasional Pendidikan di SMA Negeri 3 Tegal
Pokok peermasalahan dalam penelitian ini adalah : "Faktor apa yang mempengaruhi implementasi Standar Nasional Pendidikan di SMA Negeri 3 Tegal"
Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah :
1. Untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi standar nasional pendidikan di SMA Negeri 3 Tegal.
2. Untuk mengetahui faktor apa yang mempengaruhi implementasi standar nasional pendidikan di SMA Negeri 3 Tegal.
Tipe penelitian yang digunakan penelitian bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Peneliti berusaha ingin mengetahui bagaimana implementasi standar nasional pendidikan di SMA Negeri 3 Tegal.
Analisis data yang diperoleh bersifat kualitatif. Analisa kualitatif fokusnya penulisan makna, penelitian yang diigunakan adalah metode deskriptif kualitatif
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa program penerapan standar nasional pendidikan di SMA Negeri 3 Kota Tegal adalah program nasional yang difokuskan pada pencapaian 8 Standar Nasional Pendidikan.kualitas keterlaksanaan program di SMA Negeri 3 Kota Tegal. Dikaji dari sembilan komponen,hasilnya adalah bahwa Komponen Standar isi memiliki Kategori sangat baik (94,6%),Standar Kompetensi Lulusan memiliki kategori baik(100%),Standar Proses memiliki kategori baik (80,03%),Standar Sarana PendidikStandar Pendidik dan Tenaga Kependidikan berkategori sangat baik (90,00%),Standar,Standar Sarana Prasarana berkategori sangat baik (96,8%),Standar Pengelolaan berkategori sangat baik (95,8%),Standar Pembiayaan berkategori sangat baik (100%),Standar Penilaian Pendidikan berkategori baik (85,7%),dan Komponen sekolah dan dukungan eksternal sangat baik (100%).Kendala yang ditemui dalam penerapan standar nasional pendidika di SMA Negeri 3 Kota Tegal adalah sulitnya menaikkan kriteria Ketuntasan Minimal Mata pelajaran menuju ke arah 75 (ideal nasional) Dan menaikkan Kriteria kelulusan UN dan US di atas pos UN dan US. Kendala lain adalah jumlah siswa Dalam tiap rombongan relajar masih berada di atas 32 siswa,kurang terprogram penilaian Hasil belajar siswa,dan belum semua peserta didik mencapai batas KKM.
Kata kunci :
Implementatasi: Tindakan-tindakanyang dilakukan oleh induvidu-induvidu (dan kelompok) ,pemerintah dan swasta uang diarahkan pada pencapaian tujuan dan sasaran yang telah ditatapkan
Standar Nasional Pendidikan : Kriteria minmal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia. (Pasal 1 PP No. 19 Tahun 2005)
FISIP0810004 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain