Skripsi
Efektivitas Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia dalam Pelayanan Umum di Kantor Camat Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes.
Nama : Herry Saofan, NPM : 2106501133, Judul : Efektivitas Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia dalam Pelayanan Umum di Kantor Camat Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes.
Dengan adanya peningkatan SDM aparatur maka secara otomatis diharapkan pelayanan yang diberikan oleh aparat kepada masyarakat akan semakin meningkat. Dan yang menjadi permasalahan adalah bahwa pada saat ini dengan tingkat pendidikan SMA dari rata-rata sebagian besar aparat di Kantor Camat Tanjung menyebabkan kurang efektifnya pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. Berdasarkan uraian diatas maka dalam merumuskan permasalahan sebagai berikut : Bagaimana efektivitas peningkatan sumber daya manusia di kantor Camat Tanjung dalam pemberian pelayanan umum?
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas peningkatan sumber daya manusia di kantor Camat Tanjung dalam pemberian pelayanan umum dan untuk mengetahui hambatan-hambatan yang dihadapi dalam kaitannya dengan peningkatan sumber daya manusia dan cara mengatasainya.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif, dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Dalam penyajian hasil penelitian, metode deskriptif menggambarkan fenomena yang teliti, kemudian di analisis secara sistematis berdasarkan fakta dan data di lapangan sebagaimana adanya, tanpa membuat perbandingan atau menghubungkan suatu variabel dengan variabel yang lainnya.
Dari fenomena-fenomena yang ada di Kantor Camat Tanjung dapat diketahui bahwa dengan adanya peningkatan kualitas SDM maka terlihat bahwa pelayanan yang diberikan kepada masyarakat sudah cukup efektif dan efisien. Mengenai pelayanan umum yang dipengaruhi oleh beberapa indikator seperti ; Ketepatan waktu pelayanan, waktu tunggu dan waktu proses, Akurasi pelayanan ; bebas dari kesalahan-kesalahan, Kesopanan dan keramahan dalam pelayanan, Kelengkapan ; sarana dan prasarana, Kemudahan mendapatkan pelayanan ; petugas yang melayani kasir staf administrasi, Kenyamanan dalam memperoleh pelayanan ; lokasi, tempat layanan, parkir dan atribut pendukung lainnya : lingkungan kurang mendukung efektifitas pelayanan yang ada di Kantor Camat Tanjung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel X mempunyai nilai rata-rata hitung sebesar 65,55% pada cakupan skala penelitian cukup baik sedangkan variabel Y sebesar 67,69% adalah cukup berhasil.
Saran yang perlu penulis sampaikan dalam penelitian ini adalah bagi peneliti lain yang ingin mengambil judul serupa diharapkan dapat menyempurnakan kembali penelitian ini.
Kata Kunci : Sumber Daya Manusia, Pelayanan Umum
FISIP0810006 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain